Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kaku, Pilar Bisa Dibuat Lebih Fungsional

Kompas.com - 26/10/2013, 15:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber fresh home
KOMPAS.com — Tidak semua pemilik rumah sependapat mengenai pilar. Ada yang segera mengasosiasikan pilar dengan kuil-kuil Romawi hingga menganggapnya sebagai fitur arsitektur yang elegan dan glamor. Ada pula yang menganggap sebagai kebutuhan konstruksi semata.

Bahkan, ada yang berpendapat bahwa pilar mengganggu tampilan interior. Apa pun yang kini Anda pikirkan mengenai pilar, sebenarnya fitur tersebut dapat memperindah tampilan interior rumah jika dimanfaatkan dengan baik.

 
Sejak dalam proses perancangan rumah, konsultasikanlah pada arsitek mengenai kesukaan atau ketidaksukaan Anda dengan adanya pilar di dalam dan di luar rumah. Jika tidak suka, tetapi rumah Anda membutuhkan pilar, cobalah meminta sang desainer untuk memilihkan material yang tampak netral. Anda tentu bisa menambahkan pilar-pilar yang bersifat dekoratif jika memang menyukai pilar di dalam rumah.
 
Jika Anda menyukai pilar, lakukan penelitian kecil-kecilan mengenai gaya ornamen pilar sepanjang masa. Anda mungkin akan terjebak melakukan kitsch dengan mereproduksi pilar-pilar Romawi ke dalam rumah. Tetapi, jika menyukainya, mengapa tidak?
 
Pilar yang ada di teras atau di taman, Anda bisa menutupnya dengan tumbuhan dan menjadikannya taman vertikal. Kali ini, Anda juga sebaiknya berkonsultasi pada desainer lanskap. Anda harus menanyakan jenis tanaman seperti apa yang tepat dan bagaimana cara merawatnya. Pilar yang ada di teras bisa dmanfaatkan juga untuk "memecah" tampilan agar orang dari luar tidak dapat secara langsung melihat interior rumah. Coba gunakan material yang sama dengan eksterior untuk mendapatkan tampilan konsisten.
 
Ingatlah bahwa Anda tidak bisa berasumsi bahwa pilar, terutama yang berperan menopang rumah dan bukan sekadar hiasan, dapat dengan mudah dihilangkan begitu saja. Tanyakan kepada ahli konstruksi atau insinyur yang Anda percaya sebelum memutuskan untuk merobohkannya. Jika tidak hati-hati, bisa mencelakakan diri Anda dan keluarga.
 
Setelah selesai dengan tampilan pilar, tiba waktunya untuk mengatur furnitur di sekitar pilar. Jangan takut untuk mencoba berbagai pengaturan furnitur hingga terasa nyaman bagi Anda, keluarga, dan tamu yang singgah ke rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com