Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Alami Mengusir "Makhluk Pengganggu" di Rumah

Kompas.com - 22/10/2013, 17:33 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Munculnya serangga-serangga kecil di rumah bisa sangat mengganggu. Namun, mengusirnya dengan berbagai bahan kimia juga bisa membahayakan Anda dan keluarga. Kini, beralihlah pada bahan-bahan alami yang biasa digunakan di dapur Anda, seperti berikut ini!

Kayu manis

Bumbu dapur pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah kayu manis. Kayu manis, atau sering juga dikenal dengan nama cinnamon, tidak hanya cocok Anda jadikan taburan roti atau kopi. Kayu manis ternyata bisa digunakan untuk mengusir semut. Taburkan parutan kayu manis di lokasi-lokasi yang Anda curigai sebagai lokasi masuknya semut.

Biasanya, semut masuk ke dalam rumah Anda di celah-celah yang ada pada jendela atau pintu. Jika Anda menaburkan bubuk kayu manis di tempat-tempat tersebut, maka semut akan menjauhinya.

www.shutterstock.com Mentimun mampu mengusir gegat (Lepisma saccharina), serangga kecil tanpa sayap yang biasanya berukuran kurang dari satu inci. Serangga ini senang memakan berbagai makanan manis, termasuk sereal.
Mint 

Bumbu dapur kedua adalah daun mint. Namun, daun mint tidak ditujukan untuk mengusir serangga. Selain segar untuk menjadi bahan campuran pencuci mulut Anda, daun mint juga mampu mengusir tikus.

Wangi daun mint tidak disukai tikus. Situs www.brightnest.com mencatat, penciuman tikus yang sensitif justru membuat mereka tidak tahan terhadap keharuman daun mint. Untuk itu, letakkan tanaman mint di dapur Anda, atau masukkan kapas yang sudah direndam dalam minyak peppermint ke dalam lemari. 

www.houzz.com Selain segar untuk menjadi bahan campuran pencuci mulut Anda, daun mint juga mampu mengusir tikus. Wangi daun mint tidak disukai tikus.
Mentimun

Ketiga, Anda bisa memasukkan mentimun dalam daftar bahan-bahan yang mampu membantu Anda "berperang" melawan hama di dalam rumah. Mentimun mampu mengusir gegat (Lepisma saccharina), serangga kecil tanpa sayap yang biasanya berukuran kurang dari satu inci. Serangga ini senang memakan berbagai makanan manis, termasuk sereal.

Untuk menggunakannya, potong-potong mentimun yang masih memiliki kulit dan letakkan dalam piring kecil. Kemudian, taruh piring tersebut di lantai, atau bagian lain di rumah tempat dinding bertemu dengan lantai.

www.shutterstock.com Bahan makanan lain yang tidak hanya lezat namun juga mampu membantu Anda adalah madu. Madu mampu membuat Anda
Madu

Bahan makanan lain yang tidak hanya lezat tetapi juga mampu membantu Anda adalah madu. Madu mampu membuat Anda "menarik" lalat buah. Jebak lalat-lalat buah ini dengan mencampurkan madu bersama buah-buahan tua tanpa kulit atau anggur manis dalam mangkuk. Tutup mangkuk dengan pembungkus plastik. Buat lubang-lubang kecil, sangat kecil, untuk menjebak lalat buah. Mereka bisa masuk, tetapi tidak bisa keluar.

Selamat mencoba!

Sumber: www.brightnest.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com