Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Ini Melelehkan Sebuah Jaguar!

Kompas.com - 03/09/2013, 13:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber BBC
bbc.co.uk Jaguar ini meleleh akibat refleksi cahaya dari panel kaca gedung
LONDON, KOMPAS.com - Sebuah peristiwa menggemparkan terjadi di kota London, Inggris. Gedung pencakar langit yang berjuluk "Walkie Talkie", dituding sebagai penyebab melelehnya sebagian body mobil Jaguar milik Martin Lindsay.

Martin memarkir mobilnya di pusat bisnis Eastcheap, dekat dengan gedung yang belum rampung konstruksinya itu, Kamis lalu (29/8/2013).

Sekitar dua jam kemudian ia kembali dan menemukan bagian tertentu mobilnya, termasuk kaca spion dan logo Jaguar, meleleh. Martin tak percaya pada apa yang dilihatnya, mobilnya rusak sebagian.

"Kaca spion, panel dan logo jaguar, semuanya meleleh. Anda tidak bisa percaya hal seperti ini akan terjadi. Pengembang gedung harus melakukan sesuatu. Ini bisa berbahaya. Bayangkan jika matahari terefleksi pada bagian yang salah dari tubuh kita," ujar Martin.

Kekesalan Martin, rupanya direspon cepat oleh Land Securities and Canary Wharf, selaku pengembang "Walkie Talkie". Mereka meminta maaf dan membayar sejumlah 946 poundsterling (Rp 16,09 juta) sebagai ganti rugi.

Dalam pernyataan bersama, pengembang tersebut  menyadari kekhawatiran mengenai refleksi cahaya dari panel-panel kaca yang dipasang di gedung tersebut, berpotensi menimbulkan masalah.

Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah Kota London telah sepakat untuk menutup tiga lot parkir di daerah yang mungkin akan terpengaruh sambil menyelidiki situasi lebih lanjut.

"Walkie Talkie" merupakan gedung pencakar langit setinggi 37 lantai dan berada di 20 Fenchurch Street. Saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dan akan beroperasi pada 2014 mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com