Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NIh... Karya Pencakar Langit Terbaru dari Zaha Hadid!

Kompas.com - 26/08/2013, 18:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Zaha Hadid, arsitek berdarah Irak yang terkenal karena berbagai karya fenomenal, tampaknya mulai melebarkan sayapnya. Ia tidak hanya membuat desain gedung-gedung dengan bentuk istimewa, namun kini juga mendesain gedung pencakar langit dengan bentuk tak kalah uniknya.

Gedung bernama "One Thousand Museum" ini merupakan gedung pencakar langit pertama karya Zaha Hadid di pesisir Miami. Gedung tersebut tidak hanya memiliki kondominium residensial, melainkan juga sky lounge dan pusat akuatik. Hebatnya lagi, gedung ini memiliki helipad pribadi pertama di kondominium residensial.

Gedung pencakar langit bernama One Thousand Museum Tower di tengah kota Miami ini akan memiliki tinggi 215 meter atau 60 lantai. Gedung tersebut mampu menampung 83 kondominium yang berukuran antara 501,7m2 hingga 1.021,9m2. Menurut situs resminya, setiap kondominium di gedung ini dibanderol mulai harga lima juta Dolar AS hingga 15 juta Dolar AS.

www.designboom.com Gedung bernama
Rendering "One Thousand Museum" karya Zaha Hadid tersebut baru-baru ini dipublikasikan dalam www.designboom.com. Tampilan gedung ini begitu modern dan unik. Eksteriornya tampak unik dengan adanya eksoskeleton beton.

Menurut Zaha Hadid pada Wall Street Journal, gedung yang dia rancang ini akan menghindari "tipologi modernis generik". Tipologi tersebut, menurutnya, banyak ditemui di Miami.

Detail

One Thousand Museum Tower akan dilengkapi dengan pencahayaan yang disediakan oleh Kreon dan desain pencahayaan dari Uli Petzold, desainer industrial dan interior asal Jerman. Berbagai ruang dengan berbagai kegunaan akan memiliki penataan pencahayaannya sendiri. Seperti misalnya, pencahayaan di kamar mandi akan tampak mengikuti karakteristik pencahayaan alami yang dramatis. Adapun bagian lain hunian di dalam gedung ini akan menjadi perpaduan apik antara pencahayaan berdifusi dan lampu sorot untuk meningkatkan karakteristik material di dalam hunian.

www.designboom.com Adapun bagian lain hunian di dalam gedung ini akan menjadi perpaduan apik antara pencahayaan berdifusi dan lampu sorot untuk meningkatkan karakteristik material di dalam hunian.
Selain pencahayaan, interior hunian di dalam gedung ini juga benar-benar diperhatikan dengan detil. Lemari-lemari akan didesain oleh perusahaan asal Italia, Molteni. Sementara itu, pintu-pintu interior akan didesain oleh Luadi Porte Design dan kenop pintunya akan didesain sendiri oleh Zaha Hadid bagi seri Valli & Valli Duemilacinque. Dapur akan dipenuhi dengan perlengkapan dari Gaggenau, Dornbacht, Gatto Cucine, dan Sub-Zero.

Atas prestasinya, Zaha Mohammad Hadid, arsitek berdarah Irak ini pernah menerima penghargaan Pritzker Architectur Prize pada 2004. Hadid merupakan perempuan pertama yang mendapat penghargaan tersebut.

www.designboom.com Atas prestasinya, Zaha Mohammad Hadid, arsitek berdarah Irak ini pernah menerima penghargaan Pritzker Architectur Prize pada 2004. Hadid merupakan perempuan pertama yang mendapat penghargaan tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com