Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nirvana Development Genjot Pembangunan Mal

Kompas.com - 14/08/2013, 13:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten properti, PT Nirvana Development Tbk (NIRO), akan menggenjot pembangunan pusat perbelanjaan di beberapa kota kedua (second-tier) di seluruh Indonesia.  Dalam pipeline mereka, akan dikembangkan sebanyak lebih dari 20 mal kelas menengah hingga lima tahun ke depan.

Kota-kota yang dibidik berada di Kalimantan Barat (Singkawang, Sanggau, Ketapang), Kalimantan Tengah (Pangkalan Bun, Sampit), Kalimantan Timur (Bontang, Tenggarong), Sumatera Bagian Utara (Binjai, Deli Serdang, Banda Aceh, Lhokseumawe), Sumatera Bagian Selatan (Bandar Lampung), Jawa Timur (Malang, Madiun, Gresik, Blitar).

Presiden Komisaris Nirvana Development, Pingki Elka Pangestu, mengungkapkan, pembangunan pusat belanja tersebut dibarengi dengan akomodasi berkelas bintang tiga, pusat hiburan (entertainment center), dan rukan.

"Di kota-kota kedua tersebut fasilitas umum seperti pusat belanja, dan pusat hiburan sangat terbatas. Di Lampung contohnya, kota-kota di sini kaya akan sumber daya alam. Banyak pekerja dari Jawa yang berkarya di perkebunan. Akan tetapi, mereka kekurangan hiburan dan mal untuk sekadar bersosialisasi atau berbelanja. Demikian halnya di Bontang dan Tenggarong," jelas Pingki kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Nirvana Development sendiri tengah merampungkan pusat belanja The Park di Solo yang rencananya akan dibuka pada September 2013, mal di Sampit dan Swiss-belhotel di Cirebon. Sementara pusat belanja di Pangkalan Bun, diproyeksikan beroperasi akhir 2014 atau paling lambat awal 2015.

Guna merealisasikan rencana ekspansi tersebut, perseroan dengan kapitalisasi pasar senilai Rp 5,04 triliun ini, telah menyiapkan sejumlah rencana strategis. Mulai dari perkuatan struktur permodalan hingga akuisisi lahan.

"Satu proyek mal kelas menengah setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp 350 miliar-Rp 500 miliar. Konsep pusat belanja yang kami kembangkan setidaknya mencakup konsep F and B, hipermarket sebagai anchor tenant, fashion department store dan pusat hiburan," tandas Pingki.

Saat ini, lanjut Pingki, pihaknya tengah bergerilya mencari lahan untuk menambah koleksi land bank mereka. Sebagian dialokasikan untuk pembangunan mal-mal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com