Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Memulai Pengembangan Kota Medis Modern

Kompas.com - 11/08/2013, 13:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Rivalitas sengit antarnegara di jazirah Arab tampaknya masih akan terus berlanjut. Setelah Uni Emirat Arab dan Qatar mengembangkan properti-properti mercusuar di lahan-lahan reklamasi, Arab Saudi akan memulai pembangunan proyek raksasa mereka.

Proyek tersebut merupakan sebuah "megacity" baru di Rabigh, yang akan dibangun seusai Idul Fitri 2013 ini. Proyek raksasa skala kota tersebut dikhususkan sebagai kota medis modern (medical city).

Gammon Group terpilih sebagai pelaksana proyek dengan nilai investasi 2,9 miliar dollar AS atau setara Rp 29,7 triliun ini. Pengembang asal India tersebut menyatakan kesanggupannya untuk mengawali proses konstruksi pada pertengahan Agustus 2013.

Proyek "medical city" Rabigh berada di Mekkah, dan akan mencakup rumah sakit berteknologi canggih, pabrik petrokimia, kawasan industri, sekolah, masjid, perumahan, hotel dan vila dengan luas bangunan total mencapai 20 juta meter persegi.

Pemerintah Kota Rabigh dan Gammon Group telah menandatangani nota kesepahaman proyek ini tahun lalu. Pengembang tak hanya mengerjakan pembangunan, tetapi juga bertugas merancang sekaligus membiayai kota yang berlokasi sekitar 150 kilometer di utara Jeddah itu.

Chairman Gammon Group, Mohammed Rafik, menjanjikan bahwa pembangunan kota baru yang mampu menampung sekitar 3.000 tenaga kerja ini akan selesai secara bertahap selama sembilan tahun ke depan.

"Proyek ini meliputi sebuah kota medis modern yang lengkap untuk memenuhi pertumbuhan populasi dan akan mencakup fasilitas pelatihan medis," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com