Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kunci Bikin Interior Kamar Mandi Serasi

Kompas.com - 06/08/2013, 16:55 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Masih berminat mendekor ulang kamar mandi? Anda dapat menghemat waktu dan biaya dengan cara mengetahui kunci "keseimbangan" di kamar mandi. Dengan mengetahui hal ini sebelum mendekor, Anda lebih mudah mencapai komposisi kamar mandi yang tidak janggal dan terkesan "berat sebelah".

"Keseimbangan" tidak berarti segalanya harus memiliki bentuk dan ukuran sama. Cermat memadukan berbagai hal berbeda merupakan seni menjaga "keseimbangan" di kamar mandi. Berikut ini beberapa kuncinya.

Gunakan bentuk yang sama dalam ukuran berbeda. Anda bisa memilih bentuk-bentuk sederhana seperti persegi, lingkaran, atau segilima dalam berbagai ukuran untuk mendekor kamar mandi. Penggunaan bentuk-bentuk berulang menciptakan dekorasi sederhana dan menarik.

"Bermainlah" dengan satu material utama. Tonjolkan hiasan berwarna perak di kamar mandi. Bisa juga, keran berwarna merah mencolok di dekat bath tub Anda. Cara ini dapat menggiring mata memahami aliran visual di dalam kamar mandi. Semua elemen yang ada di dalamnya seketika tampak harmonis.
 
"Seimbang" tidak berarti "seragam". Bebaskan diri Anda dengan menggunakan perabot berbagai ukuran dan material di dalam kamar mandi. Ini dapat menghubungkan berbagai bagian kamar mandi dengan cara berbeda.

Tempatkan barang-barang koleksi dalam kamar mandi. Manfaatkan sekelompok barang dengan bentuk dan ukuran yang sama untuk menambahkan "ritme" di dalamnya. Sebagai contoh, tempatkan beberapa lampu berukuran mungil dengan ukuran, warna, dan bentuk yang sama di atas kaca wastafel. Anda juga bisa menggunakan botol-botol laboratorium kaca yang seragam untuk mewadahi sabun dan perawatan kulit.

Material yang sama, dalam ukuran berbeda. Jika Anda tertarik menggunakan material yang sama untuk dinding dan lantai kamar mandi, cobalah menggunakan ukuran berbeda. Contohnya, lantai kayu dengan ukuran berbeda antara lantai, dinding, dan plafon.

Terakhir, gunakan bentuk yang bertentangan. Pada umumnya, menggunakan bentuk yang sama bisa menciptakan harmoni dalam sebuah ruang. Namun, bentuk-bentuk berbeda juga bisa  mempercantik ruangan dalam beberapa kasus. Contohnya, ubin keramik dengan gaya susun seperti batu bata pada dinding kamar mandi. Sementara itu, gunakan ubin-ubin heksagonal mungil sebagai lantai kamar mandi. 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com