Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Pakuwon Membengkak 75 Persen

Kompas.com - 30/07/2013, 14:25 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Emiten properti yang berbasis di Surabaya, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba bersih Rp 635 miliar selama semester pertama 2013. Jumlah ini lebih tinggi 75 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya, hanya sebesar Rp 364 miliar.

Direktur Investor Relation Pakuwon Jati, Irene Tedja menyampaikan, sektor pendapatan juga mengalami peningkatan kinerja. Kurun Januari hingga Juni 2013, perseroan mampu meraup Rp 1,5 triliun atau melonjak 47 persen dibanding tahun lalu.

"Peningkatan pendapatan persewaan pusat perbelanjaan Kota Kasablanka yang baru dibuka Juli 2012 serta pengakuan pendapatan penjualan kondominium dan perkantoran dari Superblok Kota Kasablanka maupun kondominium Edu City di Pakuwon City memberikan kontribusi utama peningkatan pendapatan Perseroan," papar Irene dalam keterangan persnya kepada Kompas.com, Selasa (30/7/2013).

Ada pun komposisi pendapatan PWON untuk semester I tahun ini adalah 56 persen merupakan pendapatan pengembangan (development revenue), 44 persen sisanya merupakan pendapatan berulang (recurring revenue).

Komposisi tersebut, lanjut Irene, menumbuhkan harapan. Hal ini terkait recurring revenue yang terus tumbuh dan semakin solid ditopang tingginya okupansi pusat-pusat perbelanjaan.  Tingkat okupansi Kota Kasablanka mencapai 94 persen, sementara Gandaria City dan Tunjungan Plaza masing-masing 98 persen dan 99 persen.   

"Bulan Oktober 2013 nanti fashion retailer ternama H&M akan membuka toko di Gandaria City. Ini merupakan gerai pertama mereka di Indonesia. Kami berupaya memperbarui tenancy mix di pusat-pusat perbelanjaan kami, agar recurring revenue terus tumbuh," tandas Irene.

Pakuwon saat ini memiliki tiga portofolio berskala superblok, yakni Gandaria City, Kota Kasablanka, keduanya di Jakarta dan Tunjungan City (Surabaya). Mereka akan mengerjakan pengembangan tahap dua atas Gandaria City yang terdiri atas satu menara hotel bintang 5 dan satu menara perkantoran. Sementara di Kota Kasablanka, mereka tengah mempersiapkan 3 menara kondominium dan 1 menara apartemen.

Di Tunjungan City, Pakuwon juga mengerjakan tahap IV berupa hotel bintang empat, tahap V berupa mal, perkantoran dan kondominium serta tahap VI yang terdiri atas mal, perkantoran dan kondominium.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com