Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Kerajaan Habiskan 1 Juta Poundsterling Uang Rakyat!

Kompas.com - 28/06/2013, 10:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -
Uang rakyat digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup keluarga monarki? Bukan rahasia lagi. Berita terbaru, pasangan nomor satu dunia, Duke dan Duchess of Cambridge, dilaporkan pihak berwenang Inggris menghabiskan satu juta poundsterling atau setara Rp 15,1 miliar untuk merenovasi Kenshington Palace. Pasangan Pangeran William dan Kate Middleton ini akan tinggal pada salah satu bagian di dalam istana tersebut, tepatnya Apartment 1A.

Pemerintah mengumumkan besaran biaya tersebut pada Kamis (27/6/2013) waktu setempat. Hunian ini dilengkapi pemanas, listrik, dan plaster dinding. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh pasangan ini sendiri. Meski telah menghabiskan uang dalam jumlah yang cukup banyak, pasangan ini masih harus merogoh kocek mereka sendiri untuk membeli berbagai keperluan interior dan finishing.

Satu juta pound yang digunakan tersebut terbagi atas keperluan perbaikan internal sebesar 600.000 poundsterling (Rp 9,08 miliar), dan pembaruan atap sebesar 400.000 poundsterling (Rp 6,05 miliar).

Juru bicara Duke dan Duchess menekankan bahwa perhatian khusus telah diberikan untuk menghindari anggaran berlebih. Namun, pengerjaan atap terlalu lama, sementara biaya perbaikan interior kian meningkat tajam setelah penghapusan asbes.

"Pengerjaan struktural penting ini dibutuhkan bagi siapa pun yang pindah ke tempat ini. Pengerjaan besar terakhir di apartemen ini dilakukan saat kepindahan Putri Margaret dan Lord Snowdon, lebih dari 50 tahun lalu," ujar sang juru bicara.

Ia juga menekankan bahwa istana-istana kerajaan merupakan milik pemerintah. Jadi, William dan Kate tidak memiliki apartemen tersebut. Mereka, atau Keluarga Kerajaan lainnya tidak dapat menjual apartemen ini. Tanpa perawatan memadai, bangunan-bangunan ini dapat rusak.

Apartment 1 A merupakan properti empat lantai dengan pemandangan taman yang cantik. Sebelum dibenahi, apartemen tersebut memiliki lima ruang resepsi, tiga kamar utama, ruang bersolek, kamar mandi, tempat mengasuh anak siang dan malam, sembilan kamar tidur staf, dan lebih dari 20 "kamar tambahan'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com