Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Produk Rumah Tangga Berbahan “Stainless Steel” Tahan Karat?

Kompas.com - 11/05/2024, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, banyak orang yang memilih produk berbahan stainless steel atau baja tahan karat untuk mengisi rumahnya.

Dari wastafel kamar mandi, peralatan dapur hingga kabinet dapur, semuanya diklaim tahan terhadap noda karat dan bisa bertahan lama tanpa noda. 

Dikutip dari laman How Stuff Works, bahan stainless steel adalah kelompok bahan yang memiliki sifat tahan terhadap korosi dan oksidasi sehingga bisa terlindung dari karat dan noda yang tidak sedap dipandang.

Umumnya, baja yang digunakan tersebutmerupakan campuran besi dengan setidaknya 10,5 persen kromium.

Baca juga: Meski Tahan Lama, Wastafel Stainless Steel Punya Kekurangan

Ketika unsur kimia tersebut terkena oksigen dan kelembapan (misalnya ketika panci stainless steel tergores), maka akan dihasilkan lapisan oksida tipis yang melapisi produk.

Karena itu, fitur baja tahan karat yang dapat memperbaiki sendiri ini memastikan benda selalu terlihat halus dan berkilau.

Meskipun ada perlindungan kuat yang diberikan kepada produk tersebut, peralatan stainless steel sebenarnya lebih tepat memiliki fitur "kurang karat" dibandingkan "tahan karat".

Dengan kata lain, meskipun bahan tersebut sangat tahan terhadap perubahan warna, noda, dan ketidaksempurnaan lainnya, bahan tersebut tidak sepenuhnya kedap air.


Lapisan pelindung film yang menutupi benda stainless steel juga dapat rusak seiring waktu, menyebabkan korosi dan lubang.

Selain itu, bahan kimia seperti klorida, hidrogen, dan hidrogen sulfida sering kali menyebabkan lapisan film menjadi tegang dan retak.

Tingkat ketahanan karat pada baja juga sangat bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Baca juga: Kelebihan Pintu Gerbang Minimalis dari Bahan Stainless Steel

Semakin banyak kromium, semakin besar perlindungan terhadap korosi. Baja tahan karat yang lebih kuat juga mengandung setidaknya 8 persen nikel, yang memberikan perlindungan lebih terhadap noda.

Bagi pengguna rumah tangga, penting untuk dipahami bahwa banyak logam yang diiklankan sebagai peralatan stainless steel sebenarnya hanya berlapis bahan stainless steel.

Peralatan tersebut hanya tahan korosi, namun rentan terhadap kerusakan jika terpotong atau tergores cukup dalam hingga mencapai material di bawahnya.

Karena lapisannya juga dapat luntur seiring berjalannya waktu, pembeli harus mengklarifikasi apakah produk tertentu seluruhnya terbuat dari stainless steel atau hanya dilapisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com