Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapatkah Tanaman Lidah Mertua Tumbuh Subur Dalam Media Air?

Kompas.com - 29/09/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang bisa dengan mudah tumbuh dalam kondisi minim perawatan.

Selama ini, pada umumnya masyarakat menanam lidah mertua dengan media tanah, baik di dalam pot atau bedeng.

Namun demikian, tahukah Anda tanaman lidah mertua ternyata juga bisa tumbuh subur di dalam media air?

Seperti dikutip dari laman Evergreen Seeds, tanaman lidah mertua dapat tumbuh subur di berbagai lingkungan, termasuk di dalam air.

Baca juga: Hati-hati! Ini Tandanya Tanaman Lidah Mertua Terserang Penyakit Busuk Akar

Jika ingin tanaman tumbuh dengan baik, pastikan Anda memilih wadah yang tepat terlebih dahulu.

Pilihlah wadah yang kokoh seperti vas kaca yang tidak memiliki lubang drainase. Pastikan ukurannya cukup tinggi untuk menampung daun lidah mertua yang tumbuh memanjang.

Jumlah air yang ditempatkan di dalam vas harus menutupi seluruh bagian akar tanaman lidah mertua. 

Selain vas kaca, Anda juga dapat menggunakan vas keramik atau pot plastik. Penggunaan wadah yang gelap dan buram direkomendasikan untuk mencegah pertumbuhan alga.

 

Jangan gunakan wadah logam yang terbuat dari tembaga, timah, atau kuningan karena logam tersebut dapat bereaksi dengan pupuk cair dan berkarat sehingga menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Setelah itu, pindahkan anakan lidah mertua ke dalam wadah yang sudah diisi air. Singkirkan seluruh tanah yang menempel pada akar.

Karena sudah beralih ke budidaya tanaman hidroponik, tanah bisa menjadi salah satu hal yang akan menghambat pertumbuhan.

Baca juga: Tak Hanya Bawa Hoki, Ini Alasan Memiliki Lidah Mertua di Kantor

Perlu diingat bahwa pertumbuhan tanaman lidah mertua di dalam media air mungkin lebih lambat dibandingkan tanaman yang ditanam di media tanah.

Untuk proses perawatan, Anda perlu mengganti air secara rutin, bersihkan akarnya dengan baik dan lindungi dari suhu dingin yang ekstrim.

Selain itu, bantu pertumbuhan tanaman dengan menggunakan pupuk yang tepat, memberikan pencahayaan yang tepat, dan tempatkan pada suhu yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com