Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin Kulkas Tetap Segar Meski Ditinggal Libur dalam Waktu Lama

Kompas.com - 20/08/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat hendak pergi berlibur adalah memastikan kulkas dalam kondisi siap ditinggal.

Pasalnya, bila kulkas ditinggal begitu saja dalam waktu yang lama, dikhawatirkan terjadi pembusukan makanan saat ada pemadaman listrik di lingkungan rumah atau saat daya listrik rumah habis.

Selain itu, meskipun disimpan di kulkas, makanan tetap memiliki masa pakai dan bisa membusuk.

Akibatnya, kulkas akan berjamur dan menyebarkan aroma busuk ke seluruh ruangan rumah. Hal ini akan menambah masalah yang lebih besar ketika Anda pulang dari berlibur.

Dilansir dari Wilshire Refrigeration, Jumat (18/8/2023), sebelum pergi berlibur dalam waktu yang lama, Anda bisa mengosongkan isi kulkas dan freezer seluruhnya.

Setelah itu, bersihkan kulkas dengan lap dan larutan pembersih. Jangan lupa untuk mematikan pengatur suhu serta cabut steker kulkas setelah semua bagian kering.

Baca juga: Berapa Lama Kulkas Bisa Bertahan Dipakai? Ini Jawabannya

Jangan lupa untuk mematikan pembuat es jika kulkas Anda memiliki fitur ini. Apabila masih ada es batu, buang dan bersihkan tempatnya.

Agar bau kulkas bisa berkurang, letakkan kotak berisi soda kue dengan terbuka untuk menyerap bau.

Selain itu, biarkan pintu kulkas atau freezer tetap terbuka untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Namun, jika Anda berencana untuk menyimpan beberapa barang yang tidak mudah rusak, seperti sereal atau makanan kaleng, atur suhu kulkas ke 3,3 derajat celcius.

Langkah ini bisa membuat kulkas tetap dingin sekaligus menghemat pengeluaran karena energi yang digunakan tidak berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com