Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kebiasaan Buruk Ini agar Kulkas Anda Awet!

Kompas.com - 08/11/2022, 16:30 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Membersihkan saja tidak cukup untuk merawat kulkas tetap awet. Hal ini karena kulkas merupakan peralatan kompleks yang membutuhkan lebih dari sekadar pembersihan cepat agar tetap berfungsi dengan baik.

Kemungkinan ada hal-hal tertentu yang Anda lakukan dan tak disadari dapat menyebabkan kerusakan. Kebiasaan ini mudah diperbaiki jika tahu apa yang Anda cari.

Dirangkum dari Power Point, berikut adalah 7 kebiasaan yang dapat merusak lemari es Anda:

1. Menyetok banyak makanan 

Membebani kulkas Anda secara berlebihan dapat merusak karena sirkulasi udara akan terhambat. Akibatnya kemampuannya untuk mengatur suhu internal dan menjaga produk Anda tetap dingin, kurang maksimal.

Baca juga: Cara Jitu Cegah Makanan Membusuk di Kulkas Saat Listrik Mati Mendadak

Ketidakmampuannya untuk mengatur suhu, akan menyebabkan ketegangan ekstra pada kompresor dan kumparan kondensor yang kemudian dapat menyebabkan panas berlebih.

2. Kulkas kurang terisi

Sebaliknya, tidak dibenarkan juga ketika kulkas Anda kurang terisi. Memiliki barang-barang dingin di lemari es Anda membantu menjaga suhu internal tetap rendah.

Lebih sedikit bahan makanan menyebabkan lemari es Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang tepat.

3. Lupa membersihkan kumparan

Banyak perbaikan dapat dihindari jika kumparan kondensor dibersihkan secara teratur setidaknya setahun sekali. Jika Anda tidak melakukan ini, akan tertutup debu.

Ketika ini terjadi, kumparan tidak lagi efisien dalam menghilangkan panas. Hal ini dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih keras untuk mendinginkan unit.

Kondisi ini hanya akan memberi tekanan lebih pada komponen kulkas Anda yang dapat mengakibatkan tagihan listrik meningkat.

4. Menyimpan sisa makanan dengan tidak benar

Seringkali menyisakan makanan hingga berakhir memasukkannya ke dalam kotak alih-alih membuangnya. Namun, ketika kurang tepat dalam melakukannya dapat merusak lemari es.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com