Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tanaman Tidak Mati Saat Ditinggal Liburan, Ikuti Cara Ini

Kompas.com - 30/07/2023, 19:20 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengecek peralatan elektronik, hal lain yang tidak boleh dilupakan saat hendak pergi berlibur atau kerja di luar kota selama beberapa hari adalah tanaman.

Pasalnya bila terlupa, tanaman kesayangan Anda akan layu bahkan mati karena kekurangan air dan sinar matahari dalam waktu yang lama.

Salah satu pendiri perusahaan pemeliharaan tanaman di London, Plant Sit, Katie Heward membagikan tips menyiapkan tanaman agar tidak mati saat ditinggal berlibur, dilansir dari The Spruce, Minggu (30/7/2023).

Cara pertama adalah dengan menyiram tanaman dengan banyak air sebelum Anda meninggalkan rumah.

Siram tanaman sampai air keluar dari lubang drainase pot. Untuk tanaman yang berada di dalam rumah, sebaiknya lakukan penyiraman di kamar mandi.

Kemudian diamkan pot tanaman selama satu jam agar air di pot bisa menetes terlebih dahulu agar tidak membasahi lantai rumah.

Baca juga: Sebelum Perbaiki Rumah, Ini Tips Cari Tukang Berkinerja Mantap

Pastikan Anda kembali menyiram tanaman dengan banyak air sesaat setelah kembali ke rumah.

Selain itu, Anda perlu menggeser tanaman agar tidak langsung terkena sinar matahari dan mengering.

"Untuk membatasi jumlah yang mengering, pindahkan dari ambang jendela dan keluar dari kamar yang menghadap ke selatan. Ini tidak berlaku untuk kaktus umum Anda, tetapi berguna untuk banyak koleksi Anda," kata Heward.

Lalu, kumpulkan tanaman-tanaman Anda ke satu lokasi untuk menciptakan iklim kecil mereka.

Cara ini dipercaya bisa menjaga kelembapan tanaman. Ini juga merupakan cara tepat bila Anda hendak meminta tolong ke tetangga atau kerabat untuk membantu menyiram tanaman, agar mereka tidak kerepotan.

"Jika Anda menyatukan semua tanaman Anda, maka mereka menciptakan iklim kecil mereka sendiri di mana mereka mempertahankan lebih banyak kelembapan," tambah Heward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com