Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Boleh Sembarangan, Ini Tips Mencuci Botol dan Peralatan Makan Bayi

Kompas.com - 08/07/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CDC

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci botol dan peralatan bayi harus dilakukan dengan teliti dan tidak boleh sembarangan.

Oleh karena itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan sejumlah tips mencuci perlengkapan bayi.

Pertama, Anda perlu memastikan tangan dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air selama 20 detik.

Untuk mencuci botol bayi, Anda harus memisahkan semua bagian dan mencucinya satu per satu, meliputi botol, dot, tutup, cincin, katup.

Setelah dicuci menggunakan sikat khusus mencuci peralatan bayi, bilang botol dengan air mengalir dan pastikan tidak menaruh botol di wastafel untuk menghindari kontaminasi kuman.

Kemudian untuk mencuci peralatan makan, Anda perlu menaruhnya ke dalam baskom khusus dan jangan langsung diletakkan di wastafel.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Tips Menata Pencahayaan Kamar Bayi

Lalu, tambahkan air panas dan sabun ke dalam baskom. Gosok peralatan makan menggunakan sikat khusus. Lalu bilas peralatan makan di air mengalir.

Selanjutnya, Anda perlu mengeringkan peralatan makan dengan meletakkannya di atas handuk bersih atau handuk kertas yang tidak terpakai.

Pastikan Anda menaruh barang-barang tersebut di area yang terlindungi dari kotoran dan debu. Biarkan peralatan bayi hingga benar-benar kering.

Perlu diingat, jangan gunakan lap piring untuk mengeringkan peralatan makan bayi karena bisa memindahkan kuman ke barang tersebut.

Setelah itu, Anda perlu membersihkan baskom cuci dan botol serta mengeringkannya dengan benar.

Anda juga harus mencuci alat tempur mencuci peralatan makan bayi tersebut dengan air panas dan sabun beberapa hari sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com