Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Livingboard", Lantai Multifungsi untuk Masak, Mencuci dan Isi Baterai

Kompas.com - 01/01/2019, 18:25 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com -  Arsitek asal Italia, Carlo Ratti bekerja sama dengan lembaga non-profit, WeRise, mengembangkan sistem rumah prefabrikasi bagi masyarakat di pedalaman dan di wilayah yang jauh dari pusat kota India.

Sistem yang diberi nama Livingboard tersebut saat ini sedang diuji coba dalam sebuah proyek percontohan di sebuah desa di Bangalore.

Sistem ini juga dirancang untuk pengembangan rumah di daerah pedesaan di mana saja di dunia.

Layaknya komputer, Carlo Ratti menyebut desain Livingboard ini layaknya motherboard yang menjadi pusat kerja dari perangkat tersebut. Carlo Ratti Layaknya komputer, Carlo Ratti menyebut desain Livingboard ini layaknya motherboard yang menjadi pusat kerja dari perangkat tersebut.
Pemilik menerima bagian utama rumah prefabrikasi tersebut.

Bagian ini nantinya akan ditempatkan di lantai rumah dengan luas 12 meter persegi.

Bagian utama yang dirancang oleh Carlo Ratti ini terdiri dari beberapa komponen, termasuk sistem pengolahan air, limbah, dan ketersediaan listrik.

Tak hanya itu, beberapa elemen fungsional lain, seperti pemanas ruangan, baterai untuk penyimpanan energi, serta konektivitas Wi-Fi juga dimasukkan ke dalam bagian utama rumah.

Setiap anggota keluarga dapat beraktivitas dan memanfaatkan listrik maupun energi lainnya dari lantai multifungsi ini, seperti memasak, mengisi daya baterai, bahkan mencuci peralatan dapur.

Carlo Ratti menyebut desain Livingboard ini layaknya motherboard yang menjadi pusat kerja dari perangkat tersebut.

Setelah itu, warga dapat merancang sendiri desain rumah yang diinginkan. Keluarga yang akan menempati rumah ini dapat menentukan tata letak ruangan yang cocok dengan selera mereka.

Rumah juga dapat dibangun dari bahan yang mudah ditemukan di wilayah setempat.

Bagian utama rumah ini juga dapat disesuaikan dengan lingkungan setempat. Carlo Ratti Bagian utama rumah ini juga dapat disesuaikan dengan lingkungan setempat.
Bagian utama rumah ini juga dapat disesuaikan dengan lingkungan setempat. Contohnya seperti yang digunakan di Desa Udagirinallappanahalli.

Di tempat ini, rumah-rumah dilengkapi dengan alat penyaring air hujan.

Selain itu, di desa ini, mayoritas warganya merancang rumah dengan kaidah Vastu, yang bertujuan untuk menyesuaikan keseimbangan antara manusia dengan alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com