Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Kursi Plastik Putih agar Kembali Kinclong

Kompas.com - 14/06/2023, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi plastik berwarna putih merupakan salah satu jenis furnitur yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Tak hanya menawarkan tampilan yang elegan, kursi plastik putih juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis furnitur lainnya.

Sayangnya, kursi plastik putih juga memiliki kelemahan, yakni cepat kotor terutama jika diletakkan di luar ruangan.

Baca juga: Pilihan Lantai Rumah yang Cocok untuk Pengguna Kursi Roda

Kabar baiknya, furnitur ini sangat mudah dibersihkan dan bisa bertahan lama jika dirawat dengan baik dan benar.

Beberapa kotoran seperti lumpur, sisa makanan, getah pohon, atau kotoran burung yang ada di atas kursi plastik harus dibersihkan secepat mungkin.

Ada beberapa larutan pembersih yang bekerja dengan baik untuk kursi plastik putih. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Larutan pembersih pertama yang direkomendasikan adalah cairan sabun. Campurkan satu galon air hangat dan tambahkan seperempat cangkir cairan pencuci piring.

Baca juga: Cara yang Tepat Membersihkan Kursi Rotan di Rumah Anda

Alternatif cairan pembersih lainnya adalah campuran satu galon air hangat dengan satu setengah cangkir soda kue.

Setelah memutuskan cairan pembersih yang akan digunakan, cuci kursi dari atas ke bawah. Tangkap tetesan air kotor menggunakan spons atau sikat nilon berbulu halus.

Untuk area yang bernoda, taburkan sedikit soda kue kering pada spons atau sikat dengan lembut untuk membantu mengangkat noda.

 

Saat kursi bebas dari kotoran dan kotoran, bilas bersih dengan air selang. Setelah itu, keringkan dengan handuk atau jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Jangan gunakan jenis pembersih abrasif apapun saat membersihkan kursi plastik putih atau berwarna. Pembersih dengan permukaan keras akan menggores plastik dan membiarkan kotoran semakin mengendap.

Jika kursi masih terlihat kotor dan bernoda, diperlukan larutan pemutih berbahan dasar oksigen untuk menghilangkan noda dan mencerahkan plastik.

Larutan pemutih ini bekerja lebih lambat daripada pemutih klorin, kurang korosif, dan lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com