Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Tepat Merawat AC di Rumah Saat Musim Hujan

Kompas.com - 26/06/2023, 18:46 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjaga AC di rumah berumur panjang, setiap pemilik wajib melakukan perawatan termasuk saat musim hujan.

Saat musim penghujan tiba, banyak hal yang juga akan muncul termasuk guntur, badai hingga udara yang lembab. Kondisi ini membuat sistem operasional AC bekerja lebih keras.

Seperti mesin lainnya, AC juga membutuhkan perawatan preventif yang membantu memaksimalkan kenyamanan dan memperpanjang siklus hidupnya.

Selain menyelamatkan mesin dari keausan, pemeliharaan preventif AC sebelum musim hujan bisa meningkatkan kualitas udara, mengurangi konsumsi listrik, dan membantu mesin bekerja secara optimal.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan AC Portabel di Rumah Anda

Langkah pertama untuk meningkatkan efektivitas AC selama musim hujan adalah menggunakan mode kering. Setiap produk Room Air Conditioner (RAC) tentu memiliki mode kering atau dry mode.

Fungsi utama dari dry mode adalah mengurangi kelembapan udara atau dengan kata lain dapat berperan sebagai dehumidifier.

Kedua, jangan biarkan kotoran mengendap di atas unit AC yang ada di luar ruangan. Jika kotoran mengendap, maka akan memakan banyak waktu untuk pembersihan.

 

Unit AC yang kotor juga mengundang serangga atau binatang lainnya untuk bersarang di unit AC luar rumah. Karena itu, pembersihan rutin wajib dilakukan. 

Ketiga, bersihkan filter AC secara teratur untuk memastikan kinerja terbaik  AC dan dapat mengurangi konsumsi daya. 

Filter yang kotor menyebabkan kondensasi pada unit AC indoor yang akan berkontribusi pada tumbuhnya jamur Oleh karena itu disarankan untuk membersihkan filter udara setiap 2 minggu sekali.

Baca juga: 5 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Filter AC di Rumah

Keempat, nyalakan AC di rumah pada suhu ideal yakni antara 24 hingga 26 derajat celcius. Hal ini bertujuan untuk pendinginan dan penghematan energi yang tepat.

Kelima, tempatkan kipas angin di ruangan ber-AC untuk mendorong udara panas keluar. Ini akan membantu unit AC di luar ruangan memberikan tekanan yang lebih sedikit dan pendinginan dapat dilakukan dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com