Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Hunian Luas dan Nyaman ala in-Lite, Begini Rahasianya

Kompas.com - 07/04/2023, 08:29 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan hunian yang bisa memunculkan kesan luas dan suasana nyaman tentu menjadi dambaan pemilik rumah.

Mengingat, lahan sempit serta sekat-sekat antar ruang masih menjadi permasalahan utama bagi pemilik yang hendak memaksimalkan ruang di hunian.

Jika tidak diatur dengan baik, hal tersebut dapat membuat suasana di dalam ruangan terasa sesak dan kurang nyaman.

Penataan ruang yang tepat menjadi sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan ruangan, sehingga tetap terasa luas dan nyaman.

Salah satu trik yang dapat diaplikasikan adalah dengan menggunakan produk pencahayaan dan teknik yang tepat guna memberikan efek visual positif sekaligus memberikan kesan ruangan lebih luas serta nyaman.

Baca juga: Bagaimana Menghitung Pencahayaan yang Tepat di Setiap Ruang?

Penerangan dalam desain interior bertujuan untuk membantu melihat obyek secara menyeluruh.
Terdapat dua sumber penerangan, yaitu cahaya natural dan cahaya arsitektural.

Cahaya natural dapat dimaksimalkan dari bukaan ventilasi, sementara cahaya arsitektural dapat menjadi sumber penerangan pendukung yang berfokus pada kegiatan di dalam ruangan.

Selain pencahayaan, gaya hunian minimalis mengusung prinsip less is more dengan mengurangi elemen dekoratif yang berlebihan sehingga lebih fokus pada fungsi dan kepraktisan.

Warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam, menjadi pilihan utama untuk memberikan kesan ruangan lebih luas.

General Marketing Manager in-Lite LED, Fransiska Darmawan mengungkapkan, saat ini banyak orang yang memilih untuk tinggal di hunian dengan konsep compact living yang sangat efisien, mudah untuk dirawat, serta lebih ramah di kantong.

"Dalam situasi ini, penting untuk memaksimalkan fungsi setiap ruangan untuk memberikan tampilan luas yang lebih baik, salah satunya dengan menggunakan teknik pencahayaan yang tepat," ujarnya dalam rilis pers, Jumat (07/04/2023).

Kehadiran lampu merupakan kebutuhan yang selalu dibutuhkan setiap hari, namun fungsinya sebagai elemen penting dari dekorasi hunian kerap diabaikan.

Untuk itu, Anda dapat menerapkan teknik layered lighting dengan mengombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spotlight, dan decorative light.

Beberapa jenis lampu yang dapat dikombinasikan adalah jenis downlight sebagai penerangan utama, serta lampu spotlight, dan strip light sebagai unsur dekoratif.

Anda dapat menggunakan warna warm white (3000k) dipadukan dengan jenis ornamen, material furnitur, dan warna dinding yang cerah guna menciptakan kesan luas dan rapi di hunian.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com