BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Begini Cara Bangun Hunian Seatraktif Rumah-rumah di Drama Korea

Kompas.com - 23/12/2020, 11:03 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Bagi penggemar Korean Drama (K-drama), sulit untuk tidak mengagumi penampakan hunian yang ada pada film di samping romansa, persahabatan, dan gaya busananya.

Misalnya, rumah berarsitektur klasik abad pertengahan milik Gong Yoo pada serial drama Goblin. Lantai marmer, dinding bata beraksen batu jade, atap tinggi, jendela melengkung, serta perabotan antik yang ada pada hunian itu membuat siapa saja terpukau, terutama penyuka hal-hal vintage.

Beda lagi dengan tempat tinggal Yoon Se-ri pada serial drama Crash Landing on You. Bagian ruang tamu, misalnya. Kesan modern yang diberi sentuhan nuansa tropis membuat ruangan tersebut tampak begitu menarik. Itu terlihat dari perabotan yang didominasi warna hangat, elemen geometris pada langit-langit ruangan, rak mirip sarang lebah, dan pemandangan outdoor berupa taman hijau.

Contoh lainnya, yaitu rumah Joon-Jae pada serial drama The Legend of The Sea Blue. Meski tidak sebesar hunian pada dua film sebelumnya, penthouse milik Joon-Jae tetap terlihat atraktif dan trendi.

Berkat jasa arsitek

Punya rumah sendiri, apalagi dibangun dengan konsep sesuai keinginan atau mengikuti tiga contoh rumah pada K-drama di atas adalah impian kebanyakan orang. Sayangnya, mewujudkan hal tersebut bukan perkara mudah. Bahkan, sekalipun dananya sudah ada.

Di sinilah pentingnya jasa arsitek. Arsitek dibutuhkan untuk membantu seseorang mewujudkan rumah impian berdasarkan pertimbangan yang masak, mulai dari bujet hingga manajemen lingkungan.

Lebih jauh, beberapa keuntungan menggunakan jasa arsitek diungkapkan oleh arsitek Jefrey Veffer dalam Houzz, Senin (24/8/2020).

Pertama, proses pembangunan rumah menjadi efisien secara waktu. Ini dikarenakan arsitek pada dasarnya sudah fasih dalam memilih material, teknologi, dan sistem mekanikal yang kerap memakan waktu bila dikerjakan sendiri.

Kedua, wawasan tentang keseluruhan proses konstruksi dapat diperoleh. Fungsi dasar seorang arsitek adalah menafsirkan kebutuhan klien dan membuat rencana profesional untuk setiap proyek bangunan.

Meskipun klien dapat mempekerjakannya hanya untuk membangun rumah, arsitek juga akan menyediakan berbagai sumber daya lain untuk memastikan seluruh proses pembangunan berjalan tanpa hambatan.

Ketiga, arsitek akan membantu mencegah kesalahan prosedur yang kerap dilakukan pihak kontraktor saat proses pembangunan berjalan.

Keempat, arsitek bisa jadi penengah manakala klien berkonflik memperkarakan teknik dengan kontraktor atau jasa desain interior.

Kelima, selain menuangkan dalam bentuk visual, arsitek membantu seseorang dalam menerjemahkan fungsi ruang dengan baik. Bahkan, seluruh konsep menggunakan referensi terkini sehingga membuat hunian lebih apik.

Terakhir, akses untuk mendapatkan jasa tenaga profesional lain yang diperlukan dalam membangun rumah menjadi lebih mudah. Ini dikarenakan dalam mengerjakan sebuah proyek, arsitek kerap menggandeng kontraktor, desain interior, dan jasa lain yang berkaitan dengan kelistrikan, pemasangan ubin, atau pengecatan.

Namun, menggunakan jasa arsitek pun cocok-cocokan. Karena itu, pemilihan perlu dilakukan dengan cermat agar tak kecewa di kemudian hari.

Saat proses pencarian, misalnya. Cobalah meminta rekomendasi dari orang yang pernah menggunakan jasa arsitek. Opsi lainnya, mencari lewat situs-situs web khusus yang menawarkan jasa tersebut.

Usai menemukan kandidat yang sesuai, kenali lebih dalam kemampuan mereka dalam mendesain hunian dengan mempelajari portofolio mereka. Ini berlaku jika Anda punya selera khusus.

Menyelaraskan bujet

Ada dua rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui bujet jasa arsitek. Pertama, mengikuti hitungan per meter persegi. Perkiraan biaya secara umum mencapai Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. Namun, harga tersebut mesti disesuaikan lagi dengan jam terbang atau keterampilan arsitek.

Kedua, berdasarkan total rencana anggaran biaya (RAB) bangunan. Menurut tabel honorarium Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), ongkos jasa arsitek untuk hunian dengan bujet kurang dari Rp 2 miliar adalah 6,48 persen dari total tersebut. Sementara itu, pada rumah di bawah Rp 200 juta, biaya arsitek mencapai delapan persen dari total RAB.

Bila dari segi biaya sudah cocok, langkah selanjutnya tinggal menimbang skema pengerjaan. Hal ini mencakup konsultasi desain, mengecek lokasi, pembuatan proposal, dan penandatanganan kontrak kerja.

Hal yang paling penting dalam skema pengerjaan, Anda mesti memastikan bahwa arsitek mampu memberikan layanan garansi jika suatu saat bangunan butuh renovasi.

Melihat manfaat di atas, tak ada salahnya mencoba menggunakan jasa arsitek saat membangun rumah impian. Dengan catatan, Anda sudah menemukan lahan bakal tempat tinggal.

Bila belum menemukan, membeli tanah kaveling dari Sinar Mas Land boleh jadi pertimbangan. Sebab, lokasi kaveling milik pengembang ini terbilang strategis sehingga mudah diakses. Selain itu, Sinar Mas Land juga tengah menggelar Move in Quickly.

Akses Mudah di BSD CITY.Dok. Sinar Mas Land Akses Mudah di BSD CITY.

Adapun Move in Quickly merupakan program potongan harga yang diberikan Sinar Mas Land untuk para konsumennya. Promo ini kini memasuki periode ketiga dan akan berakhir pada 31 Desember 2020.

Lewat program itu, konsumen bisa menikmati keringanan harga hingga 20 persen, lucky discount sampai tiga persen, dan gratis biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta diskon tambahan hingga tiga persen melalui roda putar (spin wheel).

Menariknya, keuntungan tersebut berlaku untuk semua sistem pembayaran, yakni kredit maupun tunai.

Adapun produk kaveling yang ditawarkan Sinar Mas Land tersebar di seluruh Indonesia, seperti BSD City, Taman Banjar Wijaya Tangerang, Kota Wisata dan Legenda Wisata Cibubur, The Nove Batam, Wisata Bukit Mas Surabaya, dan Grand City Balikpapan.

Bagi yang tertarik membeli kaveling dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program Move in Quickly, silakan kunjungi laman www.sinarmasland.com/moveinquickly/kavling atau hubungi nomor telepon 021 53159000.

Nah, semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam mewujudkan rumah impian. Namun, jika belum punya lahan, segera manfaatkan promo Move in Quickly untuk membeli satu unit kaveling.

Ingat, Desember adalah bulan terakhir dari program Move in Quickly!


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com