Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Klaim Pengguna Kendaraan Umum Melonjak Berkat Integasi Transportasi

Kompas.com - 20/11/2020, 10:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tren pengguna tranportasi publik kian meningkat.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari semakin mudahnya akses berikut dengan layanan dan lengkapnya fasilitas transportasi publik terintegrasi yang ada di ibu kota.

"Jadi integrasi dan inovasi ini salah satu poin utamanya. Karena sejak lama transportasi di Jakarta ini memang sudah lama, tetapi saling terpisah sehingga tidak banyak warga yang tertarik menggunakan trasnportasi publik," kata Anies di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Anies menjelaskan setelah gencar melakukan integrasi antar moda trasnportasi publik, dia mengklaim pengguna kendaraan umum melonjak terutama dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Solusi Jakarta Bebas Macet, Anies Bangun 5 Stasiun Integrasi Tambahan

Pada periode 201-2017, penumpang Transjakarta hanya sekitar 360.000 orang per hari. Tetapi sejak tahun 2019 hingga saat ini penumpangnya mencapai 930.000 per hari.

"Jadi ada kenaikan 600.000 penumpang Transjakarta, karena kita melakukan integrasi transportasi publik, bahkan pernah ada diangka 1 juta orang per hari," jelas Anies.

Anies menambahkan, peningkatan pengguna trasnportasi publik ini juga sekaligus menunjukkan bahwa terdapat perubahan perilaku warga dari yang semula memilih menggunaan kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum.

Untuk diketahui, karena perubahan inilah DKI Jakarta meraih penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 dari Lembaga Institute for Transportation and Development Policy (ITDP).

Baca juga: Pertama Kali, Jakarta Menangi Sustainable Transport Award 2021

Jakarta dinilai sukses menerapkan dua kebijakan transportasi yaitu integrasi antar-moda transportasi dan upaya menciptakan jalan lingkungan yang ramah pejalan kaki serta pesepeda.

"Jadi yang dinilai itu terobosannya, inovasinya bukan penghargaan atas sistem trasnportasi terbaik, tambah Anies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com