Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki dan Khofifah Inisiasi Akses Tol Pasar Induk Puspo Agro

Kompas.com - 10/08/2020, 19:47 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merencanakan pembangunan akses tol (interchange) menuju Pasar Induk Puspo Agro, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Rencana pembangunan akses yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans Jawa tersebut dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak Pandemi Covid-19.

Menurut Basuki, manfaat Tol Trans Jawa tidak hanya sebagai jalur penghubung transportasi antar kota, juga kawasan industri dan pariwisata.

"Tol Trans Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang (delivery time)," ujar Basuki dalam siaran pers, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Tol Serpong-Cinere Beroperasi Fungsional Desember 2020

Basuki melanjutkan, kepastian waktu tempuh tersebut membuat para investor memiliki perhitungan rencana bisnis yang matang.  Sehingga, lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian dapat terbuka lebar.

Rencana pembangunan akses tol menuju Pasar Induk Puspo Agro ini merupakan prakarsa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Akses tol ini dibangun untuk mengoptimalisasi distribusi barang dan jasa menuju kawasan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo yang merupakan daerah penyangga Kota Surabaya sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Sawunggaling Sidoarjo.

Usulan ini tertuang dalam Surat Gubernur Jatim No 620/17709/103/2019 tentang Permohonan Jalan Keluar/Masuk Jalan Tol Sidoarjo-Waru Menuju Pasar Modern Puspa Agro tertanggal 24 September 2019.

Baca juga: Tol Serpong-Cinere Beroperasi Fungsional Desember 2020

Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mendukung terlaksananya pembangunan akses Pasar Induk Puspo Agro dan akan melakukan evaluasi yang menjadi bagian dari perubahan ruang lingkup investasi jalan tol.

Ilustrasi jalan tol.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ilustrasi jalan tol.

Terdapat empat alternatif rencana pembangunan akses tol menuju Pasar Induk Puspo Agro.

Pertama, dari Jalan Tol Surabaya-Gempol (Sugem) KM 747+280, tepanya di dekat Perumahan Taman Aloha, Sidoarjo. Jarak munuju Pasar Induk Puspo Agro sekitar 5,93 kilometer.

Kedua, akses Jalan Tol Sugem di KM 747+900 atau berjarak 5,96 kilometer.

Alternatif ketiga di Jalan Tol Sugem atau pada KM 750+100, tepatnya berada di dekat Perumahan Masangan Wetan, Sidoarjo dengan jarak sekitar 7,69 kilometer.

Sementara alternatif keempat di Jalan Tol atau berada KM 754+100, tepatnya di wilayah Desa Wonokoyo, Kabupaten Sidoarjo dengan jarak 9,61 kilometer.

Adapun, Jalan Tol Sugem merupakan jalan bebas hambatan yang pertama kali dibangun di wilayah Jawa Timur dan telah beroperasi penuh pada tahun 1986.

Ruas tol ini membentang dari Surabaya hingga Gempol sepanjang 43 kilometer dan telah terhubung dengan ruas tol lainnya yang dibangun Kementerian PUPR pada periode 2015 hingga 2019 di wilayah Jawa Timur.

Antara lain Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 35 kilometer, Tol Pandaan-Malang sepanjang 38,4 kilometer, serta Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com