Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Ubah Barak TNI AD Jadi Rumah Kopel 36 Meter Persegi

Kompas.com - 21/04/2020, 14:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan 50 unit rumah khusus (rusus) bagi prajurit TNI Angkatan Darat (AD) di Asrama Militer Hidayat yang bertugas di KODAM/XII Tanjungpura di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

“Kami sedang menyelesaikan pembangunan 50 rusus di Asrama Militer Hidayat untuk prajurit di lingkungan TNI Angkatan Darat yang bertugas di KODAM/XII Tanjungpura di Pontianak,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Andy Suganda dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Andy menjelaskan, pembangunan rusus tersebut merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah.

Adanya pembangunan rusus tersebut diharapkan, memberi bermanfaat bagi prajurit TNI sehingga mereka fokus untuk bertugas di lapangan.

SNVT Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat pada tahun anggaran 2019 membangun 50 unit rusus Asrama Militer Hidayat yang terletak di Jalan Alianyang, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca juga: Pemerintah Bangun 95 Unit Rusus di Papua Barat

Rusus tersebut dibangun dengan bentuk kopel tipe 36 dan dilengkapi dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jaringan air PDAM, jaringan listrik, serta fasilitas prasana, sarana dan utilitas (PSU).

“Total anggaran untuk pembangunan 50 rumah khusus tersebut sekitar Rp 7 miliar,” terang Andy.

Dalam program pembangunan rusus ini, pihak SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat menggandeng PT. Sinar Agung Mandiri sebagai penyedia jasa dan PT. Visiprana sebagai konsultan.

Andi mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan KODAM/XII Tanjungpura secara intens guna memberikan hunian terbaik bagi prajurit TNI.

Dari data yang dihimpun di KODAM/XII Tanjungpura, Asrama Militer Hidayat telah dibangun pada tahun 1950.

Kondisi asrama tersebut sebelumnya masih berbentuk barak dengan struktur material kayu dan atap terbuat dari kayu ulin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com