Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Seremoni, Tol Kayuagung-Palembang Dibuka 1 April

Kompas.com - 31/03/2020, 14:20 WIB
Aji YK Putra,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tol Kayuagung-Palembang resmi beroperasi dan dibuka untuk umum, Rabu (1/4/2020) besok. Pengoperasian tol itu tanpa dilakukan acara seremonial. 

Sedianya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan tol ini secara langsung.  Namun, karena wabah Covid-19 di Tanah Air makin meluas, rencana tersebut dibatalkan.

Kepala Proyek Tol Seksi I Kayuagung-Palembang Gunawan mengatakan, kondisi jalan tol tersebut telah layak dilalui sampai pintu Jakabaring.

Menurut Gunawan, untuk sementara waktu, tol ini dioperasikan tanpa tarif alias gratis bagi pengendara yang melintas.

Baca juga: 59 Tahun Hutama Karya, Bangun Patung Pancoran hingga Tol Trans Sumatera

"Tol sudah tidak ada masalah, surat dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pun sudah turun dan diperbolehkan operasional. Tetapi, karena adanya wabah covid-19 maka tidak ada seremoni peresmian," kata Gunawan kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Pimimpinan Proyek Waskita Sriwijaya Tol Yusuf Ar Rosadi menjelaskan, tol ini semestinya diresmikan langsung oleh Presiden dan beroperasi sejak 17 Maret 2020 .

Namun, peresmian itu dibatalkan, karena adanya virus corona. Sehingga, Kementerian PUPR mengeluarkan surat keputusan untuk pengoperasian pada 1 April 2020.

"Peresmian nanti rencananya dibarengi dengan Seksi 2 jika telah tembus keluar gerbang tol gate IC Keramasan atau Lintas Timur Sumatera. Untuk sekarang dioperasikan dulu, karena Surat Keputusan Menteri PUPR sudah turun," jelas Yusuf.

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dikembangkan oleh PT Waskita Toll Road dengan total panjang 111,6 kilometer.

Mencakup tiga seksi yakni Seksi I Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer, Seksi II Jakabaring-Muslindas sepanjang 33,9 kilometer, dan Seksi III Musilindas-Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com