Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Ibu Kota Baru Paling Cepat 2020

Kompas.com - 27/08/2019, 06:10 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur rencananya paling cepat akan dilakukan pemerintah pada 2020. Saat ini, pemerintah masih menyusun konsep desain sebelum megaproyek yang diperkirakan menelan anggaran Rp 466 triliun itu dieksekusi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, perencanaan dan pengembangan kawasan ibu kota paling cepat akan dilaksanakan hingga pertengahan 2020.

"Kemudian, untuk sarana prasarana dasar seperti bendungan, air, sanitasi, jalan, kita desain mulai sekarang sampai pertengahan tahun depan groundbreaking untuk dilaksanakan fisiknya. Insya Allah dimulai tahun depan," kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senin (26/8/2019).

Metode design and build layaknya renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) akan digunakan dalam pembangunan ini. Nantinya, Kementerian PUPR akan menyusun desain kriteria yang akan dieksekusi kontraktor dan konsultan setelah ditenderkan.

Baca juga: Infrastruktur Dasar Ibu Kota Baru akan Dibangun seperti GBK

Metode yang sama juga akan dipakai pada saat pembangunan kawasan hunian dan gedung perkantoran bagi aparatur sipil negara (ASN) dan TNI/Polri yang kelak pindah ke sana.

"Tapi kalau rumah, kantor, itu kan tergantung arsitekturalnya mungkin kita agak lebih detail lagi," ujarnya.

Dari total kebutuhan anggaran Rp 466 triliun, Basuki menambahkan, hanya sekitar 19 persen atau ekuivalen Rp 88,54 triliun yang akan dianggarkan melalui APBN. Sisanya, pemerintah mendorong peran investor, baik swasta maupun BUMN, dalam pembangunannya menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com