Kompas.com - 27/08/2019, 05:48 WIB
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kabupaten di Kalimantan Timur, Penajam Passer Utara dan Kutai Kartanegara dipilih sebagai lokasi ibu kota baru oleh Presiden Joko Widodo. Rencananya, groundbreaking pembangunan infrastruktur dasar dimulai tahun depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, sanitasi, air, dan bendungan tidak akan dibangun dengan cara konvensional.

Cara konvensional yang dimaksud yaitu melalui proses panjang mulai dari perencanaan, desain, pengadaan, hingga pelaksanaan. Cara itu nantinya akan diganti dengan metode design and build sebagaimana saat renovasi Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu.

"Dilaksanakan dengan design and build. Kalau lihat pengalaman renovasi pembangunan GBK (Gelora Bung Karno) untuk Asian Games, itu kalau pakai cara konvensional tidak akan selesai,"

Dengan metode ini, Kementerian PUPR akan mengajukan sejumlah kriteria desain. Setelah itu, pada saat tender dilaksanakan, dapat sekaligus untuk pengadaan kontraktor, konsultan, desain dan pekerjaannya.

"Kalau (untuk) rumah, kantor, itu kan tergantung arsitekturalnya mungkin kita agak lebih detail lagi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.