Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Direnovasi, Stasiun Cisauk Alami Lonjakan Penumpang

Kompas.com - 10/04/2019, 16:33 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak direnovasi dan diresmikan pada Februari 2018 lalu, Stasiun Cisauk mengalami lonjakan penumpang.

Kepala Stasiun Cisauk Evan Dwi mengatakan, jumlah penumpang stasiun naik signifikan, dari kisaran 5.500 per hari menjadi 14.000 orang per hari.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Stasiun Baru Cisauk BSD City seperti di Luar Negeri

"Adanya akses baru dan integrasi dengan Pasar Modern Intermoda dan Terminal Intermoda memberikan peningkatan yang signifikan, khususnya saat akhir pekan," ujar Kepala Stasiun Cisauk Evan Dwi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

-Dok. Sinar Mas Land -
Stasiun Cisauk melayani KRL Commuter Line rute perjalanan Jakarta (Stasiun Tanah Abang)-Rangkas Bitung (Stasiun Maja). Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 11.440 meter persegi.

Gedung ini dapat menampung 20.000 penumpang per hari. Kini, gedung tersebut telah dimanfaatkan oleh 5.500 penumpang setiap harinya.

Baca juga: Setelah Bertarif, MRT Jakarta Diisi 60.000-70.000 Penumpang Per Hari

Gedung utama stasiun yang berada di lantai dua juga berfungsi juga sebagai penghubung antar peron.

Interior Stasiun Cisauk.Dokumentasi Sinarmas Land Interior Stasiun Cisauk.
Pengunjung dapat memasuki gedung stasiun melalui tangga dan eskalator. Stasiun juga dilengkapi dengan ramp untuk memudahkan kaum disabilitas.

Di beberapa titik lift disediakan khusus untuk penumpang prioritas baik itu lansia, disabilitas, ibu hamil, dan ibu dengan anak kecil.

Baca juga: Menurut Anda, Bagaimana Tingkat Pelayanan MRT Jakarta?

Stasiun ini terintegrasi dengan Pasar Modern Intermoda dan Terminal BSD. Ketiganya terhubung oleh sky bridge sepanjang 300 meter.

Stasiun Cisauk di Tangerang, Banten kini memiliki wajah baru. Fasilitas di stasiun yang akan diresmikan pada 1 Februari itu memiliki sejumlah fasilitas penunjang  seperti eskalator dan lift. Terdapat juga toilet untuk difabel serta umum dengan kondisi yang bersih. Skywalk sepanjang 450 meter juga dibangun untuk menghubungkan langsung Stasiun Cisauk dan Terminal Intermoda BSD, Rabu (30/1/2019).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Stasiun Cisauk di Tangerang, Banten kini memiliki wajah baru. Fasilitas di stasiun yang akan diresmikan pada 1 Februari itu memiliki sejumlah fasilitas penunjang seperti eskalator dan lift. Terdapat juga toilet untuk difabel serta umum dengan kondisi yang bersih. Skywalk sepanjang 450 meter juga dibangun untuk menghubungkan langsung Stasiun Cisauk dan Terminal Intermoda BSD, Rabu (30/1/2019).
Diharapkan dengan terintegrasinya Stasiun Cisauk ke dalam Kawasan Intermoda, akan memudahkan mobilitas warga yang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya.

Pengguna KRL juga dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki shuttle bus gratis yakni BSD Link.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com