Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dibuka, 4 Ruas Tol di Jatim Lengkapi Trans-Jawa

Kompas.com - 20/12/2018, 12:20 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Empat ruas tol di Provinsi Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12/2018) pagi.

Keempat ruas tol itu adalah Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati yang totalnya sepanjang 59 kilometer.

Dengan demikian, Jalan Tol Trans-Jawa akan semakin lengkap tersambung dari Jakarta ke Surabaya sepanjang 741 kilometer.

Baca juga: Berjaket dan Topi Hitam, Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol Jawa Timur

Adapun tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah yang juga akan diresmikan hari ini yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer.

"Dengan pembukaan jalan tol di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, nantinya Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui oleh kendaraan setelah hari ini," ucap Presiden Jokowi di Tol Bandar Km 671+500, Mojokerto, Kamis pagi.

Dia mengharapkan, selesainya pembangunan infrastruktur ini bisa memberikan faedah kepada masyarakat karena memiliki pilihan jalur transportasi yang lebih cepat, mudah, dan terjangkau.

"Silakan kalau mau pakai jalan tol, mau pakai jalan yang lama, atau jalan antarprovinsi. Saya kira alternatif pilihan itu memang harus diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Wilangan-Kertosono memiliki panjang 39 kilometer, dan Tol Bandar-Kertosono panjangnya 1 kilometer. 

Kemudian, Tol Porong-Gempol sepanjang 7 kilometer dan Tol Pasuruan-Grati sepanjang 12 kilometer.

Berikutnya, ditambah ruas tol yang di Jawa Tengah, yakni Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 terbentang sepanjang 34 kilometer, Tol Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5 sepanjang 75 kilometer, dan Salatiga-Kartasura sepanjang 33 kilometer.

Secara keseluruhan, panjang ketujuh ruas tol yang diresmikan tersebut adalah 201 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com