Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Segitiga, Menyelaraskan Alam dengan Manusia

Kompas.com - 24/11/2018, 09:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber designboom

KOMPAS.com - Berjalan di atap rumah? Mengapa tidak? Sebuah rumah di Prefektur Oita dirancang dengan apik agar pemilik dapat berjalan menuju ke atap. Rumah bernama House Usuki ini dirancang oleh Kenta Eto Architects.

Melansir Designboom, House Usuki merupakan proyek yang bertujuan untuk menyelaraskan skala ukuran manusia dengan alam. Rumah ini dibangun dengan bentuk segitiga.

Jika dilihat dari samping, rumah ini dirancang dengan bentuk segitiga siku-siku dengan satu sisi miring. Toshiyuki Yano Jika dilihat dari samping, rumah ini dirancang dengan bentuk segitiga siku-siku dengan satu sisi miring.
Jika dilihat dari samping, rumah ini dirancang dengan bentuk segitiga siku-siku dengan satu sisi miring.

Rancangan unik ini merupakan tujuan dari arsitek agar bentuk bangunan agar tidak mengganggu lanskap sekitar.

Konsep desain rumah ini juga untuk menyesuaikan topografi lingkungan dengan perbedaan lanskap yang berupa pegunungan dan dipenuhi dengan perumahan.

Atap bangunan memanjang ke bawah hingga menyentuh tanah. Kemiringan dua sisi bangunan berkisar 24 derajat.

Hal ini memudahkan penghuni memanjat dinding untuk menikmati pemandangan sekeliling. Dari posisi ini, penghuni juga dapat berbaring pada bagian dinding yang miring.

Pada bagian tengah sisi miring ini, terdapat teras mini yang bisa digunakan penghuni untuk bersantai. Toshiyuki Yano Pada bagian tengah sisi miring ini, terdapat teras mini yang bisa digunakan penghuni untuk bersantai.
Pada bagian tengah sisi miring ini, terdapat teras mini yang bisa digunakan penghuni untuk bersantai.

Sedangkan pada lantai kedua terdapat jendela untuk memberi akses bagi cahaya masuk ke dalam. Pintu masuk utama terletak pada sisi miring ini.

Di dalam rumah, terdapat beberapa ruang utama seperti ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Sedangkan ruang anak-anak dan hiburan berada di lantai kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber designboom
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com