Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda, London Bridge Pernah Dijual ke Amerika?

Kompas.com - 05/11/2018, 20:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - London Bridge merupakan salah satu jembatan ikonik di London, di samping Tower Bridge yang terkenal. Sebagai salah satu destinasi wisata, keberadaan jembatan ini cukup menyita perhatian.

Merunut sejarahnya, jembatan ini telah berdiri sejak abad pertengahan dan disebut sebagai Old London Bridge.

Hingga pada 1831, jembatan ini dibangun kembali. London Bridge yang baru merupakan rancangan John Rennie dan bertahan hingga tahun 1967.

Namun tahukah Anda, London Bridge pernah dijual?

Pernah Dijual

London Bridge pernah dibeli oleh seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Mengutip artikel New York Times edisi 26 Februari 1977, jembatan ini terjual dengan seharga 2,46 juta dollar AS pada 18 April 1968.

London BridgeWikimedia/ChiralJon London Bridge
Penjualan material London Bridge tersebut didasari oleh kondisi jembatan yang mulai tenggelam.

Mengutip History, kondisi jembatan yang tenggelam sedalam 2,5 sentimeter per delapan tahun tersebut membuat pengelola kemudian memutuskan untuk merenovasi landmark Kota London ini.

Jembatan tersebut dibeli oleh Robert McCulloch dari Corporation of London. Alih-alih menjaga konstruksi jembatan tetap pada tempatnya, McCulloh memindahkan satu per satu batu yang menjadi bagian dari jembatan ke Amerika.

Dibangun kembali

Di negara ini, McCulloh membangun jembatan baru dari material London Bridge yang telah dibelinya. Material tersebut digunakan untuk merekonstruksi jembatan yang melintasi Sungai Colorado.

Nomor pada batu di London Bridge, Lake Havasu City, ArizonaWikimedia/Skarg Nomor pada batu di London Bridge, Lake Havasu City, Arizona
Sebelum berpindah ke Amerika, para pekerja menandai setiap batu granit tersebut dengan beberapa informasi seperti posisi, lengkungan, dan nomor baris.

Jembatan tersebut kemudian dibongkar, dikemas dalam peti, dan dikirim ke Long Beach, California melalui Terusan Panama.

Dari sini, sekelompok truk mengangkut batu jembatan menuju ke Kota Lake Havasu. Proses pembongkaran, pengerukan, hingga pengiriman setiap batu membutuhkan waktu tiga tahun lamanya.

London Bridge di Lake Havasu City, Arizona. Wikimedia/LongLiveRock London Bridge di Lake Havasu City, Arizona.
Di tempat ini, McCulloch membangun kembali jembatan, tentunya dengan perhitungan dan konstruksi yang berbeda. McCulloch memastikan jembatan baru tersebut dapat dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan.

Para pekerja menambahkan beton bertulang sebelum ditutup dengan batu granit dari London Bridge. London Brige baru di Kota Lake Havasu ini kemudian dibuka pada 1971.

Kini jembatan yang dibangun dari bekas material London Bridge menjadi salah satu atraksi turis terbesar setelah Grand Canyon di Arizona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com