Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wika Gedung Kembangkan Hunian Modular

Kompas.com - 28/09/2018, 21:38 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kubus disusun setinggi dua lantai membentuk bangunan unik nan menyita pandangan pada ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Layaknya sebuah hunian yang nyaman, pada bagian bawah ada beberapa fungsi ruangan yang difungsikan seperti ruang tamu lengkap dengan meja dan sofa, serta sebuah keluarga dan ruang makan.

Sementara pada lantai dua terdapat sebuah kamar tidur lengkap dengan ruang kerja, serta sebuah balkon yang dilengkapi dengan bean bag untuk bersantai.

Hunian modular yang dikembangkan Wika Gedung.Kompas.com / Dani Prabowo Hunian modular yang dikembangkan Wika Gedung.
Kubus-kubus tersebut memiliki ukuran masing-masing 2,6 meter x 2,6 meter x 2,6 meter. Sehingga secara keseluruhan bangunan tersebut memiliki luas 33,8 meter persegi.

"Sebenarnya ini produk inovasi dari Wika Gedung, namanya modular. Produk ini sebenarnya sudah kita arrange cukup lama, sebagai salah satu backward integrasi bisnis kita," kata Marketing Manager PT Wika Gedung M Farrys Andriansyah kepada Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Hunian modular yang dikembangkan Wika Gedung.Kompas.com / Dani Prabowo Hunian modular yang dikembangkan Wika Gedung.
Bangunan menyerupai hunian itu sebenarnya adalah contoh (mock up) dari aplikasi proyek modular yang ingin dikenalkan Wika kepada masyarakat luas.

Di Indonesia, bangunan seperti ini masih terbilang jarang. Namun di luar negeri, bangunan serupa sudah banyak dikembangkan sebagai alternatif material hunian selain beton dan batu bata.

"Tujuan kita ikut IPEX itu ikut educate pengembang dan developer bahwa ada material lain yang bisa digunakan yaitu modular. Dengan pameran ini kita beri masukkan ke pengembang, jadi nanti pengembang terbuka informasi untuk mengembangkan sebuah rumah, kawasan, kompleks," tutur dia.

Hunian modular yang dikembangkan Wika GedungKompas.com / Dani Prabowo Hunian modular yang dikembangkan Wika Gedung
Tak hanya kubus berukuran tersebut, ada beberapa variasi ukuran yang dikembangkan Wika Gedung seperti 3 meter x 3 meter, 3 meter x 6 meter dan 4 meter x 5 meter, dengan tinggi yang sama yaitu 2,6 meter.

Pada tahap pertama ini, pengembangan hunian modular diperuntukkan hingga bangunan setinggi empat lantai. Namun ke depan tidak menutup kemungkinan dapat dikembangkan sebagai material bangunan tinggi.

Farrys menambahkan, untuk sementara Wika baru membuka kerja sama dengan skema B to B (business  to business).

Proyek pertama yang kini tengah dikembangkan yaitu kompleks villa bekerja sebanyak 18 unit dengan ukuran 3 meter x 6 meter di Banyuwangi.

Wika Gedung bekerja sama dengan Perum Perhutani dan PT Patra Jasa dalam mengembangkan resor tersebut.

"Modelnya semacam glammping ya. Jadi di sana ada toilet, ada teras, dan berbagai fasilitas di sana," kata Farrys.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com