Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Sabuk Merah, Akses Kesejahteraan di Perbatasan

Kompas.com - 24/09/2018, 20:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus berupaya maksimal menuntaskan semua proyek pembangunan jalan di wilayah NTT.

Satu di antaranya jalan di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, yang disebut Jalan Sabuk Merah Perbatasan.

Kompas.com berkesempatan meninjau langsung pembangunan jalan sepanjang 179 kilometer yang menghubungkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Kabupaten Belu dan PLBN Motamasin Kabupaten Malaka.

Baca juga: Sabuk Merah Perbatasan Mendekatkan Indonesia-Timor Leste

Didampingi Pejabat Pembuat Komitmen 4.5 Pembangunan Jalan Perbatasan NTT Rofinus Ngilo bersama dua orang stafnya, Kompas.com  memulai perjalanan menuju ruas jalan Dafala-Henes-Nualain.

Ruas jalan itu terletak sekitar 49 kilometer arah Timur Kota Atambua, ibu kota Kabupaten Belu.

Panjang Ruas Jalan Dafala-Henes-Nualain 51,525 kilometer, dengan kondisi jalan beraspal 4 kilometer sampai akhir tahun 2017 dan pada tahun 2018 sesuai perencanaan pengaspalan sepanjang 2,85 kilometer sisanya berupa urugan pilihan (Urpil) dibadan jalan.

Kondisi aktual Jalan Sabuk Merah yang menghubungkan perbatasan Indonesia-Timor Leste.Sigiranus Marutho Bere/Kompas.com Kondisi aktual Jalan Sabuk Merah yang menghubungkan perbatasan Indonesia-Timor Leste.
Kondisi topografi di lokasi rencana trase jalan yang akan dibangun adalah perbukitan, menjadi kendala tersendiri saat pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan tersebut.

Namun dengan semangat tinggi dan kerjasama antara PPK, konsultan supervisi dan kontraktor pelaksana, semuanya bisa berjalan baik.

Terlihat puluhan alat berat menggali tanah di atas perbukitan untuk membuka akses jalan, serta truk yang hilir mudik mengangkut material tanah.

Pembangunan yang sama juga berlangsung di Ruas Jalan Motamasin-Laktutus-Dafala yang berjarak sekitar 96 kilometer arah selatan Kota Atambua.

Panjang Ruas Jalan Dafala-Laktutus-Motamasin yakni 48,54 kilometer, sampai dengan akhir tahun 2017 aspal 18,50 kilometer, jalan urugan pilihan (urpil) 3,50 kilometer dan jalan tanah 18,50 kilometer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com