Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Agustus Relaksasi LTV Mulai Berlaku, Ini Dampaknya...

Kompas.com - 31/07/2018, 17:47 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengumumkan rencana relaksasi Loan to Value (LTV), Bank Indonesia (BI) akan mulai menerapkan kebijakan tersebut pada Rabu (1/8/2018) esok.

Kepala Grup Riset Makroprudensial Departemen Kebijakan Makro Prudensial BI Retno Ponco Windarti mengatakan, ada tiga hal yang diatur di dalam kebijakan ini.

Pertama, untuk fasilitas kredit rumah pertama, BI menyerahkan rasio LTV kepada perbankan. Sedangkan, untuk fasilitas kredit rumah kedua dan berikutnya LTV diatur pada kisaran 80 hingga 90 persen.

"Ini (rumah pertama) sama sekali tidak kita atur. Jadi ibaratnya diserahkan kebijakan kredit ke masing-masing bank. Tentu bank tetap harus dalam koridor kehati-hatian," kata Retno dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Nantinya, bank akan melakukan asessment apakah calon konsumen cukup menyerahkan uang muka 5 persen, 10 persen, atau bahkan tanpa uang muka.

Dengan demikian, diharapkan realisasi kredit pemilikan rumah (KPR) yang disalurkan perbankan dapat terdongkrak dengan kebijakan ini.

"Sementara dari sisi rumah tangga akan mampu memiliki rumah yang lebih mudah untuk rumah pertama," ujarnya.

Baca juga: Relaksasi LTV Harus Sinkron dengan Kebijakan Perpajakan

Kedua, bila sebelumnya fasilitas kredit untuk rumah inden hanya dibatasi maksimal dua unit, dengan kebijakan baru fasilitas kredit maksimal mencapai lima unit.

BI juga tidak mengatur secara urutan, apakah itu rumah pertama, kedua, atau ketiga. BI hanya mengatur bila maksimal fasilitas kredit yang diberikan untuk rumah inden yakni lima unit.

"Relaksasi berikutnya berkaitan dengan pencairan secara bertahap. Jadi ketentuan yang baru ini, meskipun pondasi belum jadi, tapi bank boleh memberikan pinjaman kepada perusahaan pengembang," terang Retno.

Ia menjelaskan, ada empat tahapan pencairan pinjaman dari bank kepada pengembang. Tahap pertama yaitu sampai dengan tanda tangan akad kredit, pinjaman yang bisa dicairkan mencapai 30 persen.

Berikutnya, hingga pondasi selesai, pinjaman yang bisa dicairkan mencapai 50 persen. Kemudian setelah tutup atap pinjaman yang dicairkan bisa mencapai 90 persen.

"Ketika sudah AJB boleh 100 persen. Jadi ini kita permudah pembiayaan yang dibutuhkan developer untuk membangun perumahan," ujarnya.

Baca juga: Relaksasi LTV Bikin Pengembang Lebih Kreatif Pasarkan Produk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com