Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Ruas Tol Siap Pra Uji Laik Operasi

Kompas.com - 11/07/2018, 10:03 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ada empat ruas tol yang saat ini tengah memasuki tahap persiapan pra uji laik fungsi dan operasi (pra-ULO).

Kemungkinan, proses tersebut baru bisa dilaksanakan bulan Agustus karena masih ada beberapa pekerjaan fisik yang harus diselesaikan pengelola sebelum menjalani tahapan selanjutnya.

"Itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini. Diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," kata Herry di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Keempat ruas itu yakni Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer, dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

Kemudian, Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer dan Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 dan 3 Pamulutan-Indralaya sepanjang 14,93 kilometer.

Beberapa pekerjaan fisik itu, sebut Herry, seperti pembangunan dua overpass di Tol Sragen-Ngawi.

"Kalau itu sudah selesai udah bisa (ULO). Yang lain misalnya Desari, itu pekerjaan fisik masih sampai bulan ini, diharapkan bulan depan sudah bisa ULO," ujarnya.

Merujuk data monitoring jalan tol BPJT yang dikutip Kompas.com, Rabu (11/7/2018), progres konstruksi untuk keempat ruas itu telah mencapai 89,9 persen.

Rinciannya, untuk Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif mencapai 98,92 persen, dan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong telah mencapai 83,91 persen.

Adapun Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi mencapai 92,65 persen, dan Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 dan 3 Pamulutan-Indralaya mencapai 84,14 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com