Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Waktunya, Sembilan Ruas Tol Ini akan Beroperasi

Kompas.com - 27/06/2018, 12:06 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan ruas jalan tol akan beroperasi secara bertahap hingga akhir tahun 2018. Saat ini, setidaknya sudah ada dua ruas yang sudah siap beroperasi dan tinggal diresmikan.

Sementara, sembilan ruas yang lain masih dalam tahap konstruksi.

Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dua ruas yang sudah siap diresmikan yaitu Tol Pejagan-Pemalang dan Tol Solo-Sragen.

"Saat ini progresnya sudah 100 persen dan siap diresmikan bulan Juli 2018," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (26/6/2018).

Baca juga: Juli 2018, Tol Pejagan-Pemalang dan Solo-Sragen Diresmikan

Sementara tujuh ruas lain yang akan beroperasi bertahap yakni Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer dan Tol Porong-Gempol sepanjang 6 kilometer.

Progres konstruksi masing-masing yakni 96 persen dan 76 persen, serta ditargetkan beroperasi pada September 2018.

Kemudian, Tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer yang kini telah mencapai 70 persen untuk pembangunan fisiknya. Pemerintah menargetkan tol ini siap beroperasi pada Oktober 2018.

"Selanjutnya pada November 2018 akan beroperasi Tol Pemalang-Batang sepanjang 33 kilometer dengan progres fisik saat ini 72 persen, dan Tol Batang-Semarang sepanjang 74 kilometer dengan progres fisik saat ini 78 persen," papar Basuki.

Dua ruas terakhir yaitu Tol Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometee dan Tol Pasuruan-Grati-Probolinggo sepanjang 44 kilometer.

Keduanya ditargetkan beroperasi pada Desember 2018, progres fisik masing-masing ruas kini telah mencapai 70 persen dan 36 persen.

Kompas.com Ruas Tol yang Akan Diresmikan 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com