Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Padat Merayap 1,5 Kilometer Jelang "Exit" Grinsing

Kompas.com - 12/06/2018, 22:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Arus kendaraan jelang buka puasa hingga pukul 20.00 WIB pada Selasa (12/6/2018) di Jalan Tol Batang-Semarang terpantau padat merayap dengan panjang antrean sekitar 1,5 kilometer.

Kondisi arus kendaraan ini lebih padat dibanding yang terjadi pada hari yang sama, siang sekitar pukul 13.00-14.00 WIB.

Baca juga: Sempat Terjadi Antrean 1 Km, Lalin Tol Batang-Semarang Kembali Normal

Dari pantauan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, antrean terjadi sejak rest area sementara hingga exit  Grinsing, atau mendekati Jembatan Kalikuto.

Berbagai jenis kendaraan dengan pelat polisi B masih mendominasi. Kendaraan bergerak perlahan, karena kondisi jalan tol fungsional ini tidak dilengkapi lampu penerang memadai.

Selain itu, masih terdapat beberapa titik jalan dengan tingkat elevasi yang berbeda, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam mengemudi.

Oleh karena kondisi fisik jalan yang belum sempurna inilah, kecepatan kendaraan yang disarankan pengelola tol PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) hanya 40 kilometer hingga 60 kilometer per jam.

Foto udara Kendaraan pemudik melintas di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, volume penumpang nasional seluruh moda angkutan Lebaran 2018 dari 7 Juni-12 Juni 2018 mencapai 5.118.024 orang dan puncak arus mudik masih berlangsung pada Selasa (12/6) atau H-3 Lebaran dan Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara Kendaraan pemudik melintas di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, volume penumpang nasional seluruh moda angkutan Lebaran 2018 dari 7 Juni-12 Juni 2018 mencapai 5.118.024 orang dan puncak arus mudik masih berlangsung pada Selasa (12/6) atau H-3 Lebaran dan Rabu (13/6) atau H-2 Lebaran.
Humas PT Jasamarga Semarang Batang Andi Susilo menuturkan, secara umum arus mudik pada hari ini berlangsung lancar, tidak padat seperti pada Sabtu (9/6/2018).

"Lancar. Karena puncaknya sudah terjadi pekan lalu (Sabtu malam)," ujar Andi kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com.

Kalikuto

Di Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer ini pula terdapat titik kritis yakni Jembatan Kalikuto yang hingga kini masih dikebut pekerjaannya.

Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.
Hingga Senin (11/6/2018) malam, menyisakan 6 batang pengaku (bracing) cross girder dari total kebutuhan 58 batang prioritas. 

Direktur Utama PT JSB Arie Irianto mengharapkan seluruh batang pengaku tersisa selesai terpasang.

Arie berkisah, sebelum Senin malam, pihaknya terus menerus berupaya mencari segala macam opsi penyelesaian terbaik. Hal ini terjadi karena dinamika di lapangan sangat berbeda, dan tidak berjalan sesuai rencana awal. 

Namun demikian, Arie tetap optimistis Jembatan Kalikuto bisa selesai dengan tingkat keamanan tinggi.

Proses pembangunannya, kata dia, terus menerus diawasi tidak saja oleh Arie sendiri melainkan juga para direksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai induk usaha PT JSB.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com