Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pejagan-Pemalang, Fungsional Rasa Operasional

Kompas.com - 26/05/2018, 16:01 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PEMALANG, KOMPAS.com - Jika tak dikatakan berlebihan, maka mulus adalah kata sederhana yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang.

Tak ada lagi lapisan lean concrete seperti yang digunakan sebagai jalur pemudik pada tahun lalu. Demikian juga debu beterbangan yang berasal dari tanah merah yang ada di samping kiri dan kanan lean  concrete.

Baca juga: Hari Ini, Menteri Basuki Tinjau Jalur Mudik

Kondisi jalan di Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang, Sabtu (26/5/2018). Ruas ini terlihat lebih mulus dibandingkan tahun lalu.Kompas.com / Dani Prabowo Kondisi jalan di Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang, Sabtu (26/5/2018). Ruas ini terlihat lebih mulus dibandingkan tahun lalu.
Seluruh ruas di sepanjang 57,5 kilometer itu kini sudah dilapisi aspal dan rigid pavement. Memberikan kenyamanan yang lebih baik tentunya bagi para pemudik untuk melintasinya tahun ini.

Memang, untuk dua seksi terakhir yang menghubungkan wilayah Brebes Timur-Pemalang ini belum akan diresmikan sebelum Lebaran 2018. Namun, dari sisi kesiapan, keduanya sudah bisa dianggap layak beroperasi.

"Tol ini memang fungsional, tapi rasa operasional," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna saat meninjau lokasi, Sabtu (26/5/2018).

Papan petunjuk tempat istirahat di Seksi 3 Tol Pejagan-Pemalang.Kompas.com / Dani Prabowo Papan petunjuk tempat istirahat di Seksi 3 Tol Pejagan-Pemalang.
Berbagai rambu jalan serta papan petunjuk sudah terpasang di kedua jalur yang masing-masing memiliki dua lajur. Namun, untuk fasilitas seperti rest area maupun parking bay belum sepenuhnya selesai digarap.

Kompas.com menyambangi salah satu rest area yang terdapat di KM 275 arah Pemalang. Sejumlah pekerja terlihat masih sibuk membangun konstruksi rest area yang menurut rencana akan turut dibuka fungsional bersamaan dengan waktu dibukanya kedua seksi itu.

Rest area tersebut tidak dilengkapi dengan pom bensin. Hanya sejumlah fasilitas seperti mushola, tempat makan, toilet dan tempat istirahat lah yang ada di dalamnya.

Maklum, rest area ini tergolong ke dalam tempat istirahat tipe B.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).
"Kalau SPBU itu di Tipe A. Itu kita setting kalau tidak setiap 10 kilometer ya sampai 20 kilometer. Tapi fasilitas di sini sudah cukup lengkap," kata dia.

Tak kurang dari 175 kendaraan dapat ditampung di area parkir yang telah disediakan. Di samping itu, rest area ini juga dilengkapi dengan fasilitas bengkel dan tambal ban bila diperlukan oleh pengguna jalan.

Gardu Tol Brebes TimurKompas.com / Dani Prabowo Gardu Tol Brebes Timur
Basuki menambahkan, tak kurang dari 13 gardu tol (GT) juga disediakan. Tepatnya di KM 294 di kawasan Kertasari.

Keberadaan GT tersebut untuk menangkap transaksi pembayaran elektronik pengguna jalan yang berasal dari arah Jakarta.

Sementara, bagi pemudik yang baru masuk lewat GT Brebes Timur, tidak perlu membayar apapun bila ingin menuju Pemalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com