Kompas.com - 25/05/2018, 11:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dijadwalkan meninjau sejumlah ruas jalan yang akan digunakan pada saat mudik Lebaran 2018, Jumat (25/5/2018).

Tak hanya ruas jalan yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa, tetapi juga jalan nasional terutama di kawasan pantai utara Pulau Jawa.

Beberapa lokasi tersebut seperti Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang dan Tol Semarang-Solo.

Baca juga: Delapan Titik Rawan yang Harus Diwaspadai saat Mudik

Seperti diketahui, Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan Pemalang sepanjang 37,3 kilometer mulai dari Brebes Timur hingga Pemalang saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi.

Pengujian dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, sebelum dioperasikan sepenuhnya pada saat lebaran nanti.

Sementara Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer rencananya akan dibuka secara fungsional.

Untuk dua ruas tol terakhir, Basuki rencananya akan meninjau langsung pekerjaan Jembatan Kalikuto di Tol Batang-Semarang dan Jembatan Kali Kenteng di Tol Semarang-Solo.

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, pekerjaan Jembatan Kalikuto saat ini telah mencapai 70 persen. Berbeda dengan proyek di ruas tol lainnya, pekerjaan konstruksi jembatan ini baru akan dihentikan pada H-3 lebaran.

"Karena itu membutuhkan presisi yang tinggi dan tidak boleh gagal sedikit pun. Saya tidak mau memaksa karena presisi tinggi. Kalau saya berikan tekanan berlebih, dia enggak jadi. Makanya dia selesai di H-3," kata Arie di kantornya, Rabu (23/5/2018).

Jembatan sepanjang 100 meter ini dirancang menjadi ikon ruas tol tersebut. Tak hanya akan memiliki struktur yang kuat, jembatan ini juga bakal memiliki bentuk yang indah, sehingga akan menyita perhatian masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.