Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Padang, Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pesantren

Kompas.com - 22/05/2018, 12:06 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan rumah susun (rusun), Masjid Hj Yuliana, serta gedung SMP 2 dan SMA 2 di kompleks Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018).

Rusun itu dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan gedung sekolahnya dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembangunan rusun tersebut menelan biaya Rp 8,7 miliar, sedangkan biaya pengadaan mebelnya sekitar Rp 670 juta.

Baca juga: Pemerintah Bangun 15.000 Rusun MBR di Seluruh Indonesia

Fasilitas yang tersedia di sana yaitu listrik, air, kamar mandi luar, serta mebel, seperti tempat tidur bertingkat, lemari, dan meja belajar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengenang Buya Hamka sebagai tokoh besar bagi masyarakat Minang, Indonesia, bahkan dunia.

Presiden juga mengatakan bahwa PMT ini merupakan bukti bahwa cita-cita Buya Hamka mampu menembus waktu dan generasi.

“Harapan saya agar PMT menjadi ladang subur bertumbuhnya santri yang berakhlak mulia, berakhlakul karimah, yang tangguh dan ulet, dan selalu optimistis yang akan membawa Indonesia menjadi negara baldatun thoyibatun wa rabbun ghofur,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/5/2018).

Selain itu, Presiden juga meninjau kondisi di dalam rusun dan memeriksa fasilitas yang tersedia. “Gedungnya rapi, mebelnya bagus, kuat, dan kokoh,” ucap Presiden Jokowi.

Rusun itu dibangun pada tahun 2017, terdiri dari tiga lantai dan 12 unit kamar tipe barak yang berkapasitas hingga 216 orang santri pria.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com