Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Dukung Kredit Perumahan DP 0 Rupiah untuk ASN

Kompas.com - 19/04/2018, 20:24 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota TNI, Polri, dan aparatur sipil negara (ASN) tengah diupayakan untuk dapat mengakses perumahan tanpa membayar uang muka atau down payment (DP).

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono mengatakan, pemerintah berencana meningkatkan pembelian rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR) di luar Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Baca juga : BTN Mulai Salurkan KPR FLPP Pertengahan 2018

"Kami belum bisa tetapkan bagaimana skemanya. Tapi secara prinsip, kami sebagai bank pemerintah dan sebagai peserta utama dalam melaksanakan Program Sejuta Rumah menganggap ini bagus dan kami dukung," ujar Maryono saat paparan kinerja kuartal I-2018, di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Ia mengatakan, saat ini skemanya masih dalam kajian. Maryono berjanji, dalam waktu dekat skema ini bisa ditetapkan pemerintah.

Pasalnya, program ini merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka penajaman agar program perumahan di luar program untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa diimplementasi dengan baik.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, skema ini sedang dalam tahap finalisasi untuk ditargetkan selesai tahun ini.

Skema KPR khusus tersebut merupakan fasilitas jika ada ASN atau anggota TNI/Polri yang belum mempunyai rumah dan ingin beli rumah.

Tenornya juga lebih panjang, yakni bisa dua kali lipat dari tenor KPR pada umumnya. Jika biasanya tenor KPR 15 tahun, melalui skema ini tenornya bisa mencapai 30 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com