Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Janjikan Umrah kepada Pelaku Konstruksi Inovatif

Kompas.com - 17/04/2018, 12:03 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menantang para pelaku industri yang bergerak di bidang pembangunan jalan dan jembatan untuk terus berinovasi.

Sebagai imbalannya, ia akan memberangkatkan mereka yang berprestasi ke Tanah Suci atau mengirim ke forum tingkat internasional.

Baca juga : Hammurabi Law, Hukum Terkejam di Bidang Konstruksi

"Saya akan kasih reward, apakah itu umrah atau ke konferensi internasional," ujar Basuki saat membuka Konferensi Regional Teknik Jalan (KRTJ) ke-14 di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Basuki mengatakan, inovasi teknologi pembangunan jalan dan jembatan sangat penting untuk menunjang mobilisasi masyarakat.

Inovasi ini, Basuki mencontohkan, pembangunan Jembatan Holtekamp di Papua, mulai dari pembangunan sampai pengangkutan.

Menurut dia, Holtekamp adalah jembayan baja pertama yang pembangunannya dilakukan secara utuh. Dengan demikian, selesainya bisa cukup cepat dalam kurun waktu hanya 6 bulan.

Proses pelengkungan dilakukan di Surabaya, kemudian diangkut sejauh 3.200 kilometer untuk kemudian ditempatkan di Papua.

"Saya berharap dari KRTJ 14 ini, bisa muncul gagasan untuk diterapkan di lapangan. Jadikan ini kesempatan buat kita untuk tidak hanya membuat paper tapi juga diterapkan di lapangan," sebut Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com