Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghias Dinding Tanpa Mengecat

Kompas.com - 16/04/2018, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di rumah kontrakan, mengecat dinding mungkin bukan pilihan tepat saat ingin mendekorasi ulang. Namun, hal tersebut bukan berarti dinding Anda harus tetap terbuka.

Penutup dinding dan dekorasi dinding, seperti wallpaper sementara yang tebal dan barang-barang seni yang sederhana, dapat memberi Anda ruang hidup baru dengan sedikit tenaga.

Berikut ini 6 cara untuk mendandani dinding Anda tanpa perlu cat.

1. Wallpaper temporer

Jika Anda ingin tampilan menyeluruh tanpa melanggar aturan, pertimbangkan wallpaper sementara.

Warna dan desain wallpaper dapat menginspirasi pilihan Anda untuk perabotan dan aksen ruang, sehingga menyatukan seluruh desain ruangan.

Gunakan wallpaper di setiap dinding atau buat dinding aksen. Tidak masalah apapun pilihan Anda, karena wallpaper yang dapat dilepas adalah pilihan yang menyenangkan.

Permadani yang digantung dapat menambah statement ruangan.Houzz Permadani yang digantung dapat menambah statement ruangan.
2. Permadani

Permadani awalnya digantung untuk melindungi dinding kastel di musim dingin. Penenun membuat permadani bergaya dengan desain, warna, pola, sesuai adegan sejarah dan potret.

Saat ini, desainer masih menggunakan permadani untuk menceritakan sebuah kisah. Apakah Anda memilih karya klasik atau kontemporer, permadani adalah pilihan untuk kamar Anda.

"Bagi mereka yang menikmati estetika yang lebih kreatif atau bohemian, maka permadani yang lebih funky dalam gaya anyaman akan sempurna," kata CEO dan direktur kreatif di Interiors oleh Jacquin, Jacquin Headen.

Jika Anda menggantung permadani di atas furnitur, Headen menyarankan agar lebar permadani setidaknya dua pertiga lebar furnitur agar terlihat proporsional.

Jangan lupa pertimbangkan mengisi sudut dinding dengan permadani lebar yang sesuai. Ini merupakan cara terbaik untuk memberi ruang Anda perasaan yang dikustomisasi dan dikurasi.

Metode pemasangan bervariasi tergantung pada permadani dan tempat Anda ingin menggantungnya.

Pendekatan yang paling populer adalah menggunakan balok atau tongkat besi yang biasa untuk menggantung tirai.

Anda dapat melakukannya dengan membeli batang kokoh terlebih dahulu. Kemudian, lipat bagian atas permadani selama beberapa inci dan jahit bagian yang terlipat ke bawah.

Rak mengambang bisa menjadi pilihan dekorasi tanpa harus mengubah cat tembok. Rak mengambang bisa menjadi pilihan dekorasi tanpa harus mengubah cat tembok.
3. Kurasi dan simpan di rak-rak mengambang

Jika Anda ingin dekorasi dinding yang fungsional dan menyenangkan, cobalah rak mengambang.

Halaman:
Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com