Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Jalan Tol Setuju Penurunan Tarif Asal Ada Insentif

Kompas.com - 28/03/2018, 07:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto memastikan, badan usaha jalan tol (BUJT) atau investor siap membantu pemerintah dalam menurunkan tarif tol bagi kendaraan Golongan III, IV, dan V. Hanya, BUJT juga perlu mendapat bantuan dari pemerintah dalam mewujudkannya.

Baca juga : Tarif Tol Diturunkan, Balik Modal Investor Makin Mundur

Ia mengatakan, penurunan tarif tol dipastikan akan berdampak terhadap pemasukkan BUJT. Bila itu terjadi, akan berdampak pada kemampuan BUJT dalam melunasi pinjaman dan bunga kredit investasi dari perbankan.

“Dampak ini, asal kalau ada solusi dari pemerintah, masalah selesai,” kata dia usai rapat dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (27/3/2018) siang.

Adapun solusi yang diharapkan yakni melalui fasilitas cash deficiency support (CDS). Fasilitas itu dapat berupa bantuan finansial, pembebasan pajak (tax holiday), hingga penurunan bunga.

Baca juga : Investor: Perpanjangan Konsesi Tol Tak Menarik

“Atau menunjuk Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai perpanjangan pemerintah, clear. Satu sisi kemauan pemerintah diamini, di sisi lain dampak negatif terhadap BUJT yang notabene ke investor, enggak dirugikan,” tutur Herwidiakto.

Bila langkah tersebut tidak dilaksanakan, ia memastikan, bisnis tol di Indonesia sudah tak lagi menarik.

Baca juga : Bisnis Tol di Indonesia Dianggap Tak Lagi Seksi

“Sekarang saja sudah pas-pasan, nggak seksi. Tapi kalau pemerintah beri skema yang bantu meringankan, bisa ekspansi,” cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com