Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pencahayaan Stadion GBK Senayan Disebut Terbaik di Dunia

Kompas.com - 12/01/2018, 21:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Senayan telah rampung 100 persen.

Rencananya, stadion yang digunakan pada ajang Asian Games 2018 ini akan diuji coba untuk pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia kontra Timnas Islandia, Minggu (14/1/2018).

SU GBK, disebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, sebagai stadion dengan sistem pencahayaan terbaik di dunia.

"Untuk lighting-nya saya dapat informasi ini salah satu yang terbaik di dunia, namun akan diungguli oleh stadion (Olimpiade dan Paralimpiade) Tokyo 2020," kata Basuki di SU GBK, Kamis (11/1/2018) malam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjajal rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (11/1/2018).Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjajal rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (11/1/2018).

SU GBK dilengkapi dengan sistem pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya.

Meski demikian, konsumsi listriknya diklaim lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional lantaran menggunakan LED lighting system.

Basuki menambahkan, sistem pencahayaan itu juga terintegrasi dengan sistem tata suara berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO.

"Tata suara SU GBK (juga) lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti, terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis," ungkapnya.

Progres pembangunan renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2017). Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga kini progres pembangunan secara keseluruhan telah mencapai 87,27 persen dan ditargetkan selesai bertahap hingga Desember 2017.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Progres pembangunan renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2017). Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga kini progres pembangunan secara keseluruhan telah mencapai 87,27 persen dan ditargetkan selesai bertahap hingga Desember 2017.

Di samping itu, kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Saat ini, kapasitas SU GBK sudah mencapai 80.000 kursi.

"Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan dimana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” kata Basuki.

Sementara rumput zoysia matrella yang digunakan untuk lapangan, merupakan jenis rumput dengan kualitas terbaik. Bahkan, rumput tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi internasional.

Sejumlah pejabat Kementerian PUPR bermain bola di SU GBK, Kamis (11/1/2018).Kementerian PUPR Sejumlah pejabat Kementerian PUPR bermain bola di SU GBK, Kamis (11/1/2018).

Lapangan SU GBK juga dilengkapi dengan alat penyiraman rumput otomatis hingga sistem drainase anti banjir (zero run-off).

"Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itupun kualitas rumput imitasi terbaik," ujar Basuki.

Renovasi SU GBK menelan biaya hingga Rp 769,7 miliar, dikerjakan sejak Agustur 2016 lalu oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerjasama Operasi (KSO).

Adapun konsultan manajemen konstruksi pada proyek ini adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com