Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Anjlok Lagi, "Toys R Us" Terancam Bangkrut?

Kompas.com - 20/12/2017, 10:18 WIB
Haris Prahara

Penulis

Sumber Bloomberg

KompasProperti – Perusahaan mainan legendaris Toys R Us kian terombang-ambing tsunami ritel. Penjualan terus merosot, kebangkrutan makin mendekati kenyataan.

Sebagaimana diwartakan Bloomberg, Rabu (20/12/2017), Toys R Us telah mengumumkan laporan keuangan tiga bulanan terbarunya hingga 28 Oktober lalu.

Hasilnya merah dan membuat peritel itu mesti berpikir keras mengatasi keadaan. Penjualan dilaporkan merosot 89 juta dollar AS  menjadi 2 miliar dollar AS dibandingkan periode sama tahun 2016. Jika dibuat persentase, nilai penjualan tersebut menurun 7 persen dari tahun sebelumnya.

Anjloknya penjualan tersebut membuat peritel bermarkas di New Jersey, Amerika Serikat itu mesti menanggung kerugian operasional yang membengkak. Sebelumnya 40 juta dollar AS, kini mencapai 208 juta dollar AS.

Baca juga: Kelamnya Natal Terakhir "Toys R Us"…

“Hasil tersebut menunjukkan tantangan lanjutan dari apa yang kami alami pada produk bayi dan anak-anak,” ujar Chief Executive Officer Toys R US Dave Brandon dalam pernyataan resminya.

“Kami menyadari perlunya perubahan agar dapat lebih memenuhi preferensi belanja konsumen yang kian berkembang,” sambung Brandon.

Untuk diketahui, pada September lalu, Toys R Us telah mengajukan kebangkrutan dan mempertimbangkan untuk menutup sedikitnya 100 toko di Amerika Serikat akibat lemahnya penjualan.

Sebelum mengajukan kebangkrutan, perusahaan tersebut juga telah terbebani oleh utang sebesar 5 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com