Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Ritel Makin Suram, "Toys R Us" Bersiap Tutup 25 Toko

Kompas.com - 02/12/2017, 10:50 WIB
Haris Prahara

Penulis

Sumber Sky News

KompasProperti – Setelah beberapa waktu lalu ramai isu peritel mainan Toys R Us nyaris bangkrut, kini muncul kabar lanjutan. Kembali, kabarnya kurang sedap dan membuat miris.

Sebagaimana diwartakan Sky News, Sabtu (2/12/2017), dewan pengelola Toys R Us Inggris segera mengambil langkah radikal pada Senin (4/12/2017) untuk mengusulkan sebuah proses bernama company voluntary arrangement (CVA).

CVA merupakan mekanisme yang memungkinkan Toys R Us untuk mengatur dana dan operasionalnya sambil menikmati perlindungan dari kreditor mereka.

Langkah tersebut, yang memerlukan persetujuan sedikitnya 75 persen dari kreditor perusahaan, bakal membuat paling tidak 25 dari 105 gerai Toys R Us di Inggris tumbang.

Diperkirakan bahwa cabang Toys R Us yang terletak di pinggiran kota berpotensi lebih besar untuk ditutup, sebagai akibat kinerja penjualan yang lesu.

Baca juga: Raksasa Ritel Mainan Toys R Us Terancam Bangkrut

Gaya toko seperti gudang yang disuung Toys R Us sejak 1980-an dan 1990-an dipandang sudah usang untuk masa kini. Biaya operasionalnya pun tinggi.

Lebih dari itu, ratusan nasib karyawan terdampak menjadi taruhan. Dengan proporsi penutupan yang hampir mencapai seperempat jumlah toko yang ada, belum ada kejelasan apakah seluruh karyawan akan diberhentikan atau dipindah ke cabang lainnya.

Untuk diketahui, saat ini Toys R Us mempekerjakan sekitar 3.200 karyawan di Inggris.

Ilustrasi mainanThomas Northcut Ilustrasi mainan
Sumber Sky News mengatakan, Alvarez and Marsal, penasihat spesialis kebangkrutan perusahaan, akan menangani proposal CVA Toys R Us.

Semua toko mainan Toys R Us terdampak penutupan tetap akan buka sepanjang periode Natal hingga tutup tahun.

Di Inggris, peritel seperti BHS, Focus DIY, dan JJB Sports telah menggunakan skema CVA untuk keluar dari nestapa kebangkrutan.

Baca juga: Kala Mal Jadi "Kotak Hampa Raksasa" Pasca Luluh Lantaknya Bisnis Ritel

Sekadar informasi, Toys R Us di Inggris telah mengalami kerugian dalam tujuh tahun terakhir.

Pada Januari 2017, penghasilan Toys R Us Inggris sebesar 418 juta Poundsterling dengan kerugian sebanyak 0,5 juta Poundsterling.

Adapun pihak manajemen Toys R Us Inggris telah menolak berkomentar terkait prahara yang tengah melanda peritel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com