Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Tol Dalam Kota Jakarta, 4 Ruas Tol Lain Juga Naik Tarif

Kompas.com - 06/12/2017, 11:24 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Selain Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, empat ruas tol lain yang dioperasikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga bakal disesuaikan tarifnya pada Jumat (8/12/2017).

Keempat ruas tol itu yakni Tol Surabaya-Gempol, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Palimanan-Kanci, da Tol Semarang Seksi A, B, C.

Baca juga : Catat, Mulai 8 Desember Tarif Tol Dalam Kota Naik

"Penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sesuai sdengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diatur dalam UU Nomor 38 Tahun 2004," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2017).

Besarnya kenaikan tarif, kata Heru, diusulkan berdasarkan laju inflasi dalam dua tahun terakhir. Usulan tersebut kemudian dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga : Macet Tiap Hari, Tol Dalam Kota Belum Layak Naik Tarif

"Penyesuaian tarif tol diterapkan mulai tanggal 8 Desember 2017 pukul 00.00 waktu setempat dan berlaku bagi lima ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga," kata dia.

Sebelum kenaikan tarif diusulkan, Heru memastikan, bahwa Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah dipenuhi. SPM itu meliputi kondisi jalan tol, dan kecepatan tempuh rata-rata.

Kemudian aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan pelayanan, serta kebersihan lingkungan maupun kelaikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com