Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Rumah

Kompas.com - 21/11/2017, 12:06 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Sulit dipungkiri bila harga properti dari waktu ke waktu terus merangkak naik. Bagi generasi milenial dengan penghasilan pas-pasan, tentu harus berpikir ekstra keras saat hendak membeli rumah pertama.

Ada beberap tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Seperti yang dirangkum KompasProperti dari Appartmenttherapy berikut:

1. Gambarkan di mana Anda ingin tinggal

Lara Shuqom dari Compass Real Estate menyarankan, agar sebaiknya Anda menjelajahi lingkungan rumah yang hendak dibeli terlebih dahulu.

"Kunjungi komunitas yang menarik perhatian Anda, makan di restoran setempat, habiskan waktu untuk berkeliling di pusat kota. Berlakulah selayaknya Anda adalah penduduk setempat," kata Lara.

Hal lain yang juga layak untuk dipertimbangkan, menurut pengacara real estat, Felicia B Watson, yaitu kualitas dari rumah yang hendak dibeli.

Apakah Anda cenderung ingin rumah kecil yang indah di tengah kota dengan harga yang relatif mahal, atau rumah besar di pedesaan yang tentram.

Selain itu yang tidak kalah penting yakni akses transportasi umum, hingga jarak tempuh dari lokasi hunian ke tempat kerja.

2. Tanya diri sendiri: sudahkah anda siap beli rumah?

Matt Murphy, CMO dari Chime Technologies menilai, pembeli cerdas tentu akan sangat memahami kondisi finansial keuangan mereka. Pasalnya, hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kemampuan untuk mencicil biaya kredit rumah.

"Pembeli cerdas juga akan melakukan penelitian untuk mengetahui arah terbaik mendapatkan perwakilan agen dan mendapatkan pilihan pembiayaan terbaik," kata Murphy.

3. Persiapkan diri

Bila Anda berencana membeli rumah di tahun depan, tentu berlibur pada akhir tahun ini atau membeli kendaraan tentu bukanlah sebuah pilihan bijak.

"Jangan membuat hutang baru," kata Sarah Maguire dari Compass Real Estate.

Saat memutuskan membeli rumah, maka calon pembeli perlu memiliki tabungan yang cukup untuk membayar uang muka. Hal ini diperlukan guna menekan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

"Semakin besar uang muka, berarti semakin sedikit Anda meminjam, dam semakin sedikit Anda meminjam, membuat penawaran Anda berkurang resikonya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com