Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumahan dan Transportasi, Biaya Terberat Masyarakat Kota

Kompas.com - 01/11/2017, 09:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Beberapa tahun terakhir pengembangan properti berbasis transit oriented development (TOD) mengemuka, menyusul percepatan pembangunan mass rapid transit (MRT), dan juga light rail transit (LRT) serta penambahan koridor bus rapid transit (BRT).

Sayangnya, tidak semua pengembangan properti berbasis TOD itu benar-benar berangkat dari prinsip atau mengadopsi syarat-syarat sejatinya konsep ini.

Alih-alih menerapkan prinsip TOD yang menjamin hak semua orang dalam mengakses sebuah kawasan atau kota, pengembangan properti ini hanya memanfaatkan atau "nebeng" proyek MRT, LRT atau BRT. 

Padahal, pengembangan properti TOD harus menjamin hak seluruh masyarakat di dalam sebuah kota antara lain dapat berjalan dan bersepeda secara aman dan mencapai tempat tujuan dengan angkutan umum yang cepat.

Selain itu, masyarakat perkotaan juga berhak mendapat jadwal teratur transportasi publik secara mudah dan terjangkau.

Pengembangan TOD harus memastikan kesempatan, pendidikan, fasilitas, dan semua sumber daya tersedia melalui pilihan mobilitas yang gratis atau dengan biaya rendah.

"Kombinasi biaya perumahan dan transportasi merupakan beban finansial terberat bagi masyarakat perkotaan," ujar Program Officer, Equitable Evelopment of Ford Foundation Amy Kenyon pada buku "TOD Standard".

Biaya tersebut, kata dia, seringkali menjadi hambatan utama dalam pemerataan pembangunan manusia.

Di satu sisi, untuk membuat kemajuan yang berarti dalam megurangi kemiskinan perkotaan adalah mengurangi kesenjangan spasial.

Kesenjangan tersebut bisa direduksi dengan menentukan penggunaan lahan, perumahan dan sistem transportasi karena sangat berdampak pada masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"TOD Standar mendefinisikan pembangunan perkotaan yang mengintegrasikan tidak hanya penggunaan lahan dan transportasi, tetapi juga orang, kegiatan, dan kesempatan," terang Kenyon.

TOD Standar juga mengutamakan standar minimum untuk bangunan dan infrastruktur pada level pembangunan guna memenuhi kebutuhan semua orang tanpa memandang usia, kemampuan, asal maupun pendapatan secara aktif.

Selain itu, TOD Standard mempromosikan perumahan yang inklusif dan penyediaan jalan yang aman.

Mengakali biaya transportasi

Berdasarkan pengalaman, Ana pekerja swasta di Jakarta memilih tinggal di apartemen supaya lebih dekat ke tempat kerjanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com