Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengerjaan "Bendungan Jokowi" Baru Tahap Terowongan

Kompas.com - 17/09/2017, 12:33 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KompasProperti – Pengerjaan Bendungan Krueng Kereuto, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, kini memasuki tahapan pembangunan terowongan.

Keseluruhan proyek bendungan itu baru rampung 40 persen. Masyarakat lokal menyebut bendungan ini dengan nama "Jokowi" karena diresmikan oleh presiden ketujuh Indonesia itu beberapa waktu lalu.

Kepala Humas Pembangunan Bendungan Krueng Kereuto, Zulkifli, Minggu (17/9/2017) pengerjaan terowongan diperkirakan selesai Oktober mendatang.

“Paling telat Desember ini sudah selesai terowongannya. Selasai terowongan ini baru bisa dikerjakan bendungannya. Secara umum, keseluruhan proyek ini diperkirakan selesai 2019 mendatang,” tutur Zulkifli.

Namun, sambung dia, jika ada kendala diperkirakan bisa meleset dari perkiraan. Misalnya cuaca tak mendukung, ini salah satu faktor kendala terberat.

Saat disinggung soal pembebasan lahan, Zulkifli masih menunggu Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyelesaikannya hingga rampung.

“Sembari menunggu lahan beres, kita kerjakan pada bagian lain dulu. Misalnya terowongan ini,” sebut Zulkifli.

Pembangunan bendungan Kereuto diperkirakan menghabiskan dana senilai Rp 1,64 triliun. Daya tampungnya sekitar 215,94 juta meter kubik.

Jika bendungan ini rampung, bisa mengairi areal persawahan seluas 9.420 hektar, mengurangi debit banjir hingga 896 meter kubik air per detik, dan menghasilkan listrik mencapai 6,34 mega watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com